AS Bangun Museum dan Perpustakaan Khusus Presiden

Dalam waktu dekat, Amerika Serikat (AS) akan membangun sebuah perpustakaan resmi khusus presiden, di Chicago. Barack Obama Foundation mengumumkan ketujuh nama perusahaan arsitektur yang akan bersaing mengembangkan desain bangunan perpustakaan itu.

Seperti dilansir Dezeen, Rabu (23/12/2015), konstruksinya akan dibangun setelah berakhirnya masa pemerintahan Obama. Perpustakaan tersebut menjadi perpustakaan presiden resmi ke 14 yang ada di AS.

Rencananya, sumber dana pembangunan ini berasal dari dana pribadi Presiden Obama. Bangunan ini akan mencakup perpustakaan yang berisi arsip kepresidenan Obama, dan sebuah museum yang didedikasikan untuk kepresidenannya.

Dari ketujuh nama-nama yang dilansir oleh Barack Obama Foundation, nama John Ronan menjadi satu-satunya arsitek lokal asal Chicago yang akan mengajukan proposal desain untuk Obama Presidential Center.

Ronan bersaing dengan arsitek dari negara lain seperti, David Adjaye dari London, Renzo Piano dari Italia, New York studios Diller Scofidio + Renfro, SHoP Architects, Tod Williams Billie Tsien Architects, dan Scandinavian firm Snøhetta.

Masing-masing perpustakaan akan menyajikan sebuah dokumen dan artefak yang terkait dengan mantan-mantan presiden AS. Selain itu juga terdiri dari perpustakaan ilmiah dan sebuah ruang untuk yayasan filantropi dan lembaga pendidikan.

“Masing-masing dari finalis desain perpustakaan ini menawarkan berbagai macam gaya dan latar belakang yang berbeda, dan salah satu di antara mereka akan menjadi piihan yang terbaik,” tulis siaran pers Barack Obama Foundation.

Sumber: okezone.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s