Rizal Ramli Gemar Membaca Karena Sang Ibu

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli sudah menjadi yatim sejak umur 4 tahun. Sosok seorang ibu lah yang membuat Rizal terus tumbuh dan membuatnya menjadi seperti saat ini.

Usai memberikan kuliah umum pada acara wisuda mahasiswa Asian Banking Finance and Informatic Institute Perbanas Jakarta (ABFI Perbanas) kepada wartawan Rizal pun mengenang ibunya merupakan contoh perempuan yang punya pola pikir modern dan berbeda dengan kebanyakan perempuan pada zamannya.

“Saya ingat ibu saya, dulu dididik oleh pendidikan Belanda. Dia perempuan modern dalam masyarakatnya, suka naik sepeda dan aktif olahraga. Perempuan mana ada yang berani naik sepeda jaman itu,” ujar Rizal Ramli kepada wartawan di JCC, Senayan, Selasa (22/12)

Sifat ibunya itulah yang menurut Rizal turun kepadanya. Meski merasakan kebersamaan yang singkat, menurut mantan menteri koodrinator bidang perekonomian era presiden Abdurrahman WAhid itu, ibunya sering mengajarkan olah raga dan membaca sejak dia masih berusia tiga tahun.

Alhasil kata Rizal, berkat didikan ibunya itu, seorang Rizal pun jadi hobi membaca. Ini kata Rizal merupakan warisan terpenting yang ditinggalkan ibunya kepadanya.

“Ternyata itu warisan paling penting dari ibu saya karena jadi membuat saya doyan baca. Semua saya baca, saya bisa sampai dititik ini, karna memang banyak sekali membaca,” kata mantan kepala Bulog itu

Salah satu manfaat dari gemar membaca buku itu juga, lulusan universitas Institut Teknologi Bandung (ITB) ini bisa mengesplorasi pemikiran-pemikiran tokoh besar saat itu. Bahkan kata Rizal, dia pun pernah seakan-akan berdialog dengan pemikir besar kala itu.

“Saya berterimakasih dengan almarhum ibu saya dan kepada semua ibu-ibu di Indonesia. Kehidupan itu memang sulit tapi ibu yg baik akan selalu berkorban untuk anaknya dan melakukan apapun buat putra putrinya. Kita wajib berterimakasih,” demikian Rizal.

Sumber: rmol.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s