Grhatama Pustaka Targetkan Seribu Pengunjung Per Hari

BANTUL – Jogjakarta terus menguatkan identitasnya sebagai kota pendidikan. Ini di-tandai dengan diresmikannya perpustakaan daerah Grhatama Pustaka oleh Gubernur DIJ Hamengku Buwono (HB) X, Senin (21/12).Kehadiran perpustakaan di atas tanah se luas 2,4 hektare tersebut diharapkan bisa mendong-krak minat baca masyarakat DIJ. Pasalnya, selama ini tingginya indeks baca masyarakat DIJ di dominasi oleh pelajar dan mahasiswa, yang notabene didominasi oleh pendatang.”Kami menargetkan sehari bisa menyedot seribu pengunjung. Agar menarik, setiap bulannya akan ada tema yang berbeda” jelas Kepala Badan Perpustakaan Arsip Daerah (BAPD) DIJ Budi Wibowo usai pe-resmian gedung baru, kemarin

Menurutnya, perpustakaan hanya mengandalkan buku-buku saja akan menjenuhkan. Maka dari itu, buku-buku yang tersimpan tersebut harus dipro-mosikan, dibuat sedemikian menarik agar masyarakat tertarik untuk datang ke perpustakaan.”Saat mengangkat tema per-tanian, maka akan total mengu-las buku-buku soal pertanian. Bila perlu, masyarakat setempat akan kita berdayakan,” jelasnya.Selain itu, sambungnya, untuk menarik minat membaca, juga akan mengandalkan buku-buku langka yang ada di perpusta-kaan. Ada sekitar 100 ribu buku langka yang menjadi koleksi. Selain buku langka, Grhatama Pustaka juga menyimpan 400 ribu buku umum. Tak hanya buku, koleksi digital juga men-jadi andalan. Ada sekitar 300 ribu e-book yang dapat dinik-mati secara offline.”Kami mengerahkan tim khu-sus untuk mengunduh buku-buku digital termasuk jurnal,” jelasnya.

Gubernur DIJ HB X meng-kritisi minat pelajar dan maha-siswa sekarang yang lebih gemar ke mal ketimbang membaca buku di perpustakaan. Oleh ka-renanya, keberadaan Grhatama Pustaka harus bisa mengubah perilaku tersebut.HB X meminta dengan dilun-curkannya layanan perpusta-kaan Grhatama Pustaka mampu mendorong tumbuhnya  minat baca di kalangan masyarakat. Ini sejalan dengan makna Grha-tama Pustaka yang diberikan HB X. Grhatama Pustaka artinya tempat belajar.”Dengan adanya gedung baru ini saya harapkan animo mem-baca masyarakat menjadi me-ningkat,” ungkap gubernur saat meresmikan peluncuran layanan Grhatama Pustaka Jalan Janti, Banguntapan, Bantul, kemarin.

Raja Keraton Jogja itu meng-ingatkan, budaya baca berkole-rasi dengan perabadan ma-syarakat. ”Semakin tinggi budaya baca masyarakat, maka semakin tinggi pula tingkat peradaban sebuah bangsa,” ingat HB X.Peresmian Grhatama Pustaka itu dihadiri banyak tokoh. Di antaranya anggota DPD RI Ha-fidh Asrom, Kapolda DIJ Brigjen Pol Erwin Triwanto, Wakil Ketua DPRD DIJ Arif Noor Hartanto dan sejumlah undangan lainnya.Grhatama Pustaka dibangun sejak 2013. Gedung tersebut sem-pat makrak selama lebih dari se-tahun. Itu gara-gara sengketa antara rekanan PT Ampuh Sejah-tera melawan BAPD DIJ. Setelah melalui beragam lika-liku, akhirnya gedung tersebut dapat dioperasi-kan kembali oleh BPAD DIJ.  Hingga diluncurkan oleh gubernur, pembangunan perpustakaan itu menelan anggaran lebih dari Rp 72 miliar.

Sumber: radarjogja.co.id

Leave a comment

Filed under Pemustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s