Replikasi Perpusdes, 14 Desa Terus Digodok Perpusda

BATANG- Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kabupaten Batang terus menggodok 12 desa replika program perpuseru plus 2 desa terdampak PLTU guna penguatan kapasitas kelembagaan maupun SDM pengelolanya. Bersama tim perpuseru dan stakholder terkait mereka memberikan pelatihan selama total 6 hari.

SERIUS- Sejumlah pengelola perpusdes replika perpuseru serius mengikuti pelatihan komputer dan internet dasar di Kandatel Telkom, kemarin.

Para pengelola calon perpustakaan desa ini harus dipersiapkan betul, baik mental maupun kapasitas skillnya. Sebab, belajar dari tiga perpusdes yang lama, mereka bisa menularkan dampak pengaruh positi yang besar ke masyarakat,” kata Kepala Perpusda Batang, Putut Husamadiman SE.

Keberhasilan ketiga perpusdes, yakni Rejosari Barat Tersono, Mentosari Gringsing, dan Sodong Wonotunggal, menurut dia telah diakui Tim Perpuseru CCFI. Puncaknya adalah saat Perpusda dan Perpusdes Batang memborong penghargaan nasional di Bali, beberapa waktu lalu.

“Belakangan, pihak-pihak lain juga mulai tertarik dengan apa yang dikembangkan ketiga perpusdes. Coca Cola Global sudah ikut menitipkan program 5by20, PT BPI juga menjalin kerja sama dengan menjadikan dua desa terdampak PLTU masuk dalam replika perpuseru. Jadi, kami ingin total 14 desa ini nantinya bisa sukses dan tak berhenti di tengah jalan,” terang Putut.

Person in Charge (PIC) Program Perpuseru Perpusda Batang, Sudadi, mengungkapkan, ada dua pelatihan yang wajib diikuti 14 desa replika perpuseru, yakni Strategi Pengembangan Perpustakaan (SPP) dan pelatihan komputer dan internet dasar. Untuk efektivitas, pelatihan dibagi dalam dua angkatan dengan jumlah peserta 28/angkatan.

“Untuk pelatihan SPP, angkatan pertama dipusatkan di Rejosari Barat, 12 sampai 15 November lalu dan angkatan kedua, 10 sampai 13 Desember dipusatkan di gedung PMI. Nah, saat ini adalah pelatihan TI , masing-masing angkatan dijatah dua hari,” ucapnya saat pelatihan di Kandatel Telkom Batang, Minggu (20/11).

Dijelaskan Sudadi, hari pertama pelatihan TI dilaksanakan di markas Kominfo dengan tambahan materi dari Kabid Kominfo. Sementara di hari kedua, tambahan materi diberikan Bidang Pemasaran Telkom dengan materi pemasaran online.

“Di luar materi itu, tim perpuseru juga memberikan materi wajib tentang pengenalan internet, microsoft word dan excel,” pungkasnya.

Sumber: radarpekalongan.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s