Dongkrak Minat Baca, Gelar Pesta Buku

Bupati Sampang, A. Fannan Hasib secara resmi membuka acara pesta buku Kabupaten Sampang pada Sabtu lalu (19/12). Acara pesta buku itu berisikan pemeran buku dan bursa buku yang digelar Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sampang bekerja sama dengan Komunitas Perupa Sampang (KPS) dan salah satu perusahaan swasta.

Dalam sambutannya Bupati Fannan memberikan apresiasi dan mendukung penuh kegiatan tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak muda dan masyarakat Sampang.

“Saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini, agar nantinya dapat meningkatkan minat baca masyarakat Sampang khususnya pemuda dan pelajar,” tuturnya.

Bupati Sampang juga menjelaskan pada kesempatan itu, bahwa pihaknya berkeinginan agar kegiatan tersebut dijadikan agenda tahunan dan digelar di kecamatan-kecamatan se-Kabupaten Sampang.

“Semoga kegiatan ini bukan hanya sesaat dan hanya dijadikan seremonial semata, kemoga kegiatan untuk mencerdaskan masyarakat ini dijadikan agenda tahunan, kalau bisa diselenggarakan di setiap kecamatan se-Kabupaten Sampang,” ujar dia.

Harapan serupa diungkapkan Kepala Perpusda Kabupaten Sampang, Harunur Rasyid kepada wartawan Kabar Madura di sela-sela kunjungannya ke salah satu stan pameran buku.

Dia mengaku, sangat mengamini apa yang telah dituturkan Bupati Fannan dalam pidato sambutannya. Rasyid menambahkan, pihaknya memang berencana menjadikan acara semacam itu sebagai agenda tahunan mulai 2016 mendatang, dan akan melibatkan berbagai pihak untuk mengsukseskan acara tersebut.

“Kami memang berkeinginan tahun depan kegiatan ini menjadi agenda tahunan dan digelar di kecamatan se-Kabupaten Sampang, agar lebih mendekatkan minat membaca kepada segala kalangan, baik masyarakat desa ataupun kota,” katanya.

Rasyid juga menjelaskan keterbatasan alat pendukung, seperti belum masuknya sistem komputerisasi di perpusda, memang menjadi kendala, namun pihaknya mennyiasati dengan pembenahan di bidang sumber daya manusia penyelenggara perpusda.

“Kami memang kekurangan peralatan penunjang kebutuhan perpusda, namun langkah awal yang akan di lakukan yaitu pembenahan di sumber daya manusia di kalangan perpusda, agar kekurangan yang ada dapat tergantikan dengan sumber daya yang berkualitas,” tutupnya.

Sumber: korankabar.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s