MPP Dorong Dibentuknya Dewan Perpustakaan Kalbar

Para Penulis dan Dosen yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Perpustakaan (MPP) mendorong dibentuknya Dewan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat sesuai amanat Undang-Undang.

Melalui Dewan Perpustakaan, setidaknya masyarakat dapat menyampaikan aspirasi, masukan, pendapat dan usulan terkait pembentukan, penyelenggaraan, pengelolaan, pengembangan dan pengawasan perpustakaan ke arah lebih baik.

“Masyarakat sebagai pengguna perpustakaan, secara tidak langsung juga pemilik perpustakaan. Mereka memiliki sumbangsih melalui pembayaran pajak. Masyarakat mesti ikut berpartisipasi, dalam Pasal 54 UU Perpustakaan juga telah diatur,” ungkap Penulis Rosadi Jamani kepada Tribun Pontianak di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar, belum lama ini.

Pengawasan menjadi hal terpenting, berkaca dari peristiwa terungkapnya penjualan satu ton buku oleh empat oknum pegawai perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat bak petir di siang bolong. Terang Rosadi, ditinjau dari aspek manapun praktek itu tidak dapat dibenarkan.

“Kita jadi berpikir kenapa hal ini bisa terjadi? Kita tidak ingin terulang kembali. Untuk itu, penting segera dibentuk Dewan Perpustakaan Provinsi Kalbar. Kami berharap bisa dibentuk agar perpustakaan dapat diberdayakan secara maksimal. Mengingat IPM (Indeks Pembangunan Manusia;Red) Kalbar masih rendah,” tandasnya.

Sumber: tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Pemustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s