Mendikbud: Siswa Wajib Baca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai

Jember – Melek aksara tak berkorelasi positif dengan budaya membaca di Indonesia. Kendati 95 persen bangsa Indonesia bisa membaca huruf latin, budaya membaca di Indonesia masih jauh dari harapan.

“Kendalanya adalah minim pembiasaan. Membaca harus dilakukan sebagai sesuatu yang rutin,” kata Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dan Kebudayaan Anies Baswedan, usai mencananangkan Gerakan Jember Membaca, di Gedung Serba Guna, Kabupaten Jember, Sabtu (19/12/2015).

“Oleh sebab itu, di tahun ajaran baru ini, kami mengharuskan rutin setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, anak-anak harus membaca selama 15 menit. Bisa membaca apa saja, selama bersifat mendidik. Bisa pinjam di perpustakaan, bisa bawa dari rumah. Kalau anak terbiasa membaca, maka membaca menjadi kebiasaan. Kalau menjadi kebiasaan membaca, maka akan menjadi kebudayaan,” kata Anies.

“Jadi budaya membaca itu dibangunnya dari pembiasaan. Oleh sebab itu saya cenderung menggunakan istilah pembiasaan, bukan pembudayaan. Karena kalau istilah pembudayaan, orang sering bingung maksudnya apa,” tambah Anies.

Melek aksara adalah langkah pertama. Langkah kedua adalah suka membaca. “Baru kemudian dibiasakan membaca, lalu punya budaya membaca,” kata Anies.

Salah satu strateginya adalah membiarkan anak-anak memilih bacaan yang disukai. “Jangan dipaksa sesuatu yang dia tak suka. Pemerintah menggariskan: silakan baca 15 menit. Apa yang dibaca, biarkan anak-anak kita yang memilih. Banyak gambarnya pun boleh, banyak kata-katanya boleh. Izinkan mereka membaca yang dia sukai,” kata Anies.

Strategi kedua adalah memperbanyak pilihan bahan bacaan. “Program untuk memperbanyak buku perpustakaan kami dorong terus. Perpustakaan diperbarui, dan orang tua jangan segan mengajak anaknya ke toko buku, variasi bacaannya diperbanyak,” kata Anies.

Sumber: beritajatim.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s