2.500 Warga Jember Melek Membaca

Jember – Kabupaten Jember secara statistik nasional merupakan kabupaten yang paling tinggi angka buta aksara. Terdaftar ada 167.118 orang yang buta aksara.

Pada 2015, ada 2.500 warga Jember yang melek membaca. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memberikan apresiasi akan kegigihan pemerintah daerah dan dinas pendidikan provinsi Jawa Timur yang telah meningkatkan masyarakat Jember melek membaca.

“Sangat apresiasi ketika datang kesini melihat langsung 2.500 warga yang sudah bisa membaca,” kata Anies pada pembukaan Jember Membaca untuk Gerakan Indonesia Membaca yang dihadiri oleh 2500 lebih aksaraan yang sedang melakukan pembelajaran, baik yang sudah dan sedang belajar, di Kota Jember, Jawa Timur, Sabtu (19/12).

Pada kesempatan sama, Anies menuturkan, membaca sangat penting karena ketika beberapa waktu lalu berkunjung ke Papua, dia menyaksikan langsung salah satu warga yang baru bisa baca dan tulis melakukan testimoni.

“Dia mengatakan sekarang jika saya ke pasar bisa membedakan uang, selama bertahun tahun saya hanya bisa membedakan melalui warnanya saja,” tutur Anies.

Pendiri Indonesia Mengajar ini mengharapkan, buta aksara diberantaskan melalui gerakan karena tidak dapat dilakukan melalui program.

“Saya harap di Jember ini semua harus sama-sama untuk memelekan saudara sebangsa dan sama-sama mengikhtiarkan Jember membaca menjadi Gerakan Indoneisa membaca,” ata dia.

Dia mengaku, ke depannya pemerintah akan memfasilitasi agar semua warga bebas buta aksara. Harapannya generasi selanjutnya tidak lagi membicarkan buta aksara tetapi meningkatkan budaya membaca sehingga dengan begitu generasi berikutnya bukan hanya wawasan luas tetapi juga lebih sejahtera.

Pada kesempatan sama, Mendikbud memberika donasi buku yang berasal dari Kompas Gramedia sebanyak 2.500 eksemplar yang akan diberikan kepada Taman Baca Masyarakat (TBM) serta ruang membaca lainnya.

Sumber: beritasatu.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s