Temukan Beberapa Kerusakan, Dewan Nilai Perpusda Belum Siap Dilaunching

Komisi A DPRD ketika melakukan sidak di Perpusda (Harminanto)

YOGYA – Komisi A DPRD DIY, Jumat (18/12/2015) melakukan sidak di Perpustakaan Daerah yang ada di kawasan Banguntapan Bantul tepatnya di sebelah timur Jogja Expo Center. Hasilnya, dewan menilai perpustakaan tersebut belum siap dilaunching di mana rencananya akan dilaksanakan pada Senin (21/12/2015) mendatang.

Ketua Komisi A Eko Suwanto kepada KRjogja.com usai melakukan peninjauan ke hampir seluruh ruangan di gedung tersebut mengatakan kekecewaan atas penampakan interior dan fisik bangunan yang tak sesuai harapan. Masih adanya plafon yang bolong dan juga ruangan yang belum tertata rapi menjadi fokus utama pengawasan komisi yang meng-acc dana APBD untuk pembangunan dan penyempurnaan fasilitas tersebut.

“Terus terang kami sangat kecewa dengan dengan pembangunan yang menelan biaya sangat besar ini berakhir seperti yang kita lihat bersama. Plafon bolong dan juga ruangan yang belum selesai, dengan anggaran yang sangat besar,” ungkap Eko kecewa.

Tak ayal, muncul nada pesimis dari dewan terkait launching yang tinggal menyisakan hitungan hari saja. “Launching memang menjadi kewenangan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) namun jika melihat fakta di lapangan kami nilai belum siap dan BPAD kami minta untuk jujur mengatakan hal tersebut,” ungkapnya lagi.

Sementara itu Monika Nur Lastiyani, Sekretaris BPAD yang memantau langsung penyelesaian pengerjaan Perpusda mengatakan bahwa belum sempurnannya penampakan visual dikarenakan adanya perbaikan yang masih dilakukan untuk mengatasi permasalahan kebocoran yang terjadi beberapa waktu terakhir. Pihaknya yakin penyelesaian dapat dilakukan dengan cepat da selesai sebelum hari peresmian pada 21 Desember 2015.

“Jika dilihat plafon yang bolong itu memang sengaja untuk perbaikan atap yang bocor di atas, hanya butuh waktu 2-3 jam untuk memperbaiki tak sampai lama. Upaya terus kami lakukan hingga saya tak ambil hari libur untuk mengejar selesai perbaikan ini,” terangnya pada KRjogja.com.

Komisi A pun akan segera memanggil BPAD untuk meminta keterangan terkait fakta yang ditemukan dewan di lapangan. “Kami segera panggil untuk minta pertanggungjawaban BPAD terkait penggunaan dana APBD 2015 dan temuan fakta di lapangan yang kami temukan,” terang Sukarman Spd anggota Komisi A yang turut dalam sidak tersebut.

Sumber: krjogja.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s