Mebo! Belum Juga Diresmikan, Perpustakaan Jogja Sudah Rusak

Sejumlah plafon juga tampak jebol dan ruang kendali CCTV tampak berdebu dan tidak terawat. Padahal pembangunannya menelan biaya puluhan miliar.

Miris lan mebo. Bangunan Perpustakaan Daerah Jogja yang belum diresmikan sudah rusak. Padahal biaya pembangunan menelan uang rakyat senilai puluhan miliar rupiah. Kerusakan bangunan tersebut diketahui ketika Komisi A DPRD Jogjakarta melakukan sidak.

Perpustakaan Jogja

Eko menunjuk plafon salah satu ruang perpustakaan Jogja yang berlubang. (Foto: Kresna)

Dari pantauan wakil rakyat tersebut, bangunan yang akan diresmikan tanggal 21 Desember mendatang bocor di sana-sini. Sejumlah plafon juga tampak jebol dan ruang kendali CCTV tampak berdebu dan tidak terawat.”Dengan anggaran yang sangat besar, seharusnya tidak seperti ini. Kita kecewa. Apalagi beberapa hari lagi akan diresmikan,” kata Eko Suwanto, ketua Komisi A DPRD Jogjakarta usai sidak, Jumat (18/12).

Pihaknya pun akan memanggil Badan Perpusatakaan dan Arsip Daerah untuk mendapatkan penjelasan tersebut sebelum tanggal 21 Desember.”Komisi A DPRD DIY dalam waktu dekat ini akan segera memanggil BPAD untuk meminta penjelasan. Kita minta inspektorat dan BPKP gerak cepat untuk menelusuri, meneliti dan melakukan investigasi tentang pendanaan dan pembangunan perpustakaan,” tandasnya.

Eko pun menyayangkan temuan tersebut. Padahal perpustakaan ini bisa dimanfaatkan mastarakat secara maksimal. “Kami menyayangkan. Padahal harapan kami ini perpusatakaan bisa meningkatkan minat baca warga Jogja. Fasilitasnya juga baik. Kalau perlu BPAD fasilitasi buku-buku ke SD SMP SMU/SMK, misalnya buku tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia dimana Jogja pernah menjadi Ibukota, sejarah keistimewaan dan buku-buku lainnya,” tandasnya.

Sumber: beritajogja.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s