Jelang Diresmikan, Bangunan Perpustakaan Bernilai Rp72,5 M masih Bolong

Yogyakarta: Pemerintah Provinsi akan meresmikan gedung Perpustakaan Daerah Yogyakarta pada Senin 21 Desember 2015. Namun, masih banyak kerusakan dan kebocoran ditemukan di bangunan bernama Grahatama Pustaka itu.

Komisi A DPRD DI Yogyakarta mendatangi gedung yang berlokasi di Jalan Janti no 1 Gedong Kuning Bantul, Jumat 18 Desember. Anggota dewan melihat masih banyak ketidaksiapan gedung untuk diresmikan.

“Kita juga lihat ruang kendali CCTV yang masih berantakan. Tampak komputer yang berdebu dengan kabel berserakan. Kita juga liat jalan masuk sisi kanan juga tidak sempurna,” ujar Wakil Ketua Komisi A Sukarman usai sidak di Yogyakarta.

Sukarman mengaku kecewa padahal pembangunan gedung memakan dana Rp72,5 miliar. Seharusnya, kata Sukarman, bangunan sudah siap diresmikan.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto berencana memanggil pihak BPAD untuk meminta penjelasan terkait temuan itu. Ia juga berencana menginvestigasi pendanaan dan pembangunan gedung.

Rencananya, Gubernur Sri Sultan Hamengkubuwono X meresmikan bangunan itu tiga hari ke depan. Pembangunannya sempat mangkrak selama setahun.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pelestarian Perpustakaan BPAD pun mengakui beberapa bagian bangunan belum sempurna. Sebab, bangunan terlalu lama didiamkan.

“Ini efek gedung mangkrak lebih dari 1 tahun. Kita akan terus mencari kerusakan dan akan diperbaiki,” pungkasnya.

Sumber: metrotvnews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s