Ayo Lebih Rajin Membaca dan Menulis

Kantor Perpustaakan dan Arsip Daerah (KPAD) Bintan tidak hanya mengajak anak-anak Bintan agar meningkatkan minat bacanya. Tapi juga yang tak kalah penting adalah menumbuhkan minat terhadap kegiatan menulis, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan membaca. Sebab itu, sepanjang penghujung tahun 2015 ini, KPAD Bintan melaksanakan roadshow peningkatan motivasi menulis di sejumlah kecamatan yang ada di Bintan.

Kamis (17/12) kemarin, giliran Kecamatan Mantang yang menjadi tuan rumah. Kepala KPAD Bintan, Dahlia Zulfah mengutarakan, kegiatan peningkatan motivasi menulis siswa memang sudah menjadi program tahunan yang ditaja kantornya. “Karena kalau mereka sudah rajin membaca, secara tak lansgung akan tertarik untuk menulis. Maka dari itu, kami mencoba memfasilitasi,” ujar Dahlia.

Fasilitas yang diberikan, bukan sekadar berupa pengadaan pelatihan singkat saja. Tapi, KPAD Bintan turut menghadirkan sejumlah pemateri yang sudah benar-benar andal di bidangnya. Dahlia menyebutkan, hal ini penting, agar siswa-siswa bisa langsung belajar kepada ahlinya. “Tak semua pustakawan kami itu pandai menulis. Jadi, kami ajak beberapa penulis untuk berbagi kiat di sini,” katanya.

Roadshow peningkatan motivasi menulis di Kecamatan Mantang kemarin mendapat sambutan luar biasa. Aula Kantor Camat Mantang menampung sekurang-kurangnya lebih dari 100 peserta yang terdiri dari siswa sekolah dasar hingga menengah atas. Yang tak kalah menarik, guru-guru juga turut diundang dalam pelatihan singkat ini. “Karena guru ini yang nantinya jadi pembimbing siswa di kelas. Karena itu kami undang sekalian, dan banyak yang datang,” kata mantan Camat Bintan Utara ini.

Gery, siswa SMA Negeri Mantang, mengatakan, acara ini kian membuka kesadarannya akan pentingnya kegiatan membaca dalam kehidupan sehari-hari. Kendati letak geografis Mantang jauh dari perkotaan, masih ada perpustakaan sekolah yang menyediakan buku-buku bacaan berkualitas. “Sudah lama juga tak main ke perpustkaan sekolah. Besok coba lihat lagi buku-buku yang ada di sana,” kata siswa kelas akhir ini.

Ada pun Dian, siswi kelas IV SD Negeri 004 Mantang, tak kalah girang karena berhasil membawa pulang hadiah setelah berhasil menjawab pertanyaan kuis yang diadakan di sesi akhir acara. Setelah acara ini, ia berjanji akan lebih giat lagi membaca buku di sekolah atau di rumah. “Nanti juga akan berlatih menulis cerita lagi, siapa tahu akan jadi buku,” ucapnya.

Sumber: batampos.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s