Kisah drg Emma Membantu Masyarakat Pongok Agar Melek Membaca

BANGKA -‎ Meskipun telah membantu masyarakat melalui profesinya sebagai dokter gigi, wanita ini masih ingin mencoba menambah ilmu pengetahuan masyarakat dari hal lain.

Kegiatan anak-anak Desa Pongok Kecamatan Kepulauan Pongok Kabupaten Basel saat membaca di taman baca AsmaNadia.

Melalui taman bacaan, dia berharap bisa membantu masyarakat di tempat bekerjanya sebagai dokter di Kecamatan Kepulauan Pongok Kabupaten Bangka Selatan akhirnya terwujud.

Sosok ini adalah drg. Emma yang hanya ingin mencerdaskan kehidupan bangsa dan melestarikan program pendidikan non formal melalui taman baca masyarakat.

Rumah baca AsmaNadia pun akhirnya didirikannya di tanggal 18 September 2015 lalu.‎

Dirinya sadar bahwa wilayah kepulauan merupakan salah satu tempat yang masyarakatnya sulit dan tidak memiliki akses menuju pusat bacaan.

Posisi ini dilihatnya sebagai peluang untuk mengembangkan potensi masyarakat setempat melalui pendidikan membaca.

Meskipun menurutnya kondisi taman bacanya yang masih sederhana, namun hampir 200 koleksi buku telah siap dibaca oleh masyarakat setempat.

Mulai dari bacaan anak-anak hingga dewasa seperti buku motivator, bisnis, cara menulis, hingga koleksi buku pribadinya dan dari rekannya di Jakarta ikut disumbangkannya di taman baca itu.

“‎Perasaannya Alhamdulillah senang banget, sujud syukur pada Allah karena impiannya bisa jadi kenyataan. Senang dan bahagia tentunya karena bisa membuat orang lain terutama adik-adik di sini bisa tersenyum bahagia,” ungkap drg. Emma, Kamis (16/12/2015).

Dirinya tidak berpuas hati atas semuanya, harapannya untuk membuat taman baca nyaman dan permanen layaknya di tempat lain masih dicobanya.

“‎Masyarakat Pongok juga ikut aktif untuk berpartisipasi membangun, menjaga dan mengembangkannya. Karena mereka pun paham membaca yang dibiasakan sejak anak- anak sesuai kemampuan dapat merangsang kreativitas dan semangat rasa ingin tahu seseorang, apalagi dalam agama diperintahkan untuk membaca,” kisahnya.

Sumber: tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s