Gerakan Gemar Membaca Sukses di Rengat

RENGAT – Sosialisasi dan workshop gerakan gema membaca bekerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau dengan Riau Pos mendapat antusias para siswa, guru dan orang tua. Karena dari sosialisasi itu, para siswa berharap dapat mengikuti lomba membaca buku terbanyak dan terpilih sebagai peserta terbaik.

Antusias peserta terlihat, sebelum acara di mulai pukul 13.00 WIB, para siswa sudah mulai berdatangan. Tidak hanya di dampingi guru, sebagian siswa juga didampingi orang tua. Sehingga tempat yang disediakan di aula SMAN 1 Rengat, sudah terlihat penuh sebelum acara dimulai.

Selain itu juga, selama acara berlangsung para siswa bersama guru dan orang tua terlihat hikmat mendengarkan sambutan dari pihak Dinas Pendidikan Inhu dan para narasumber. Bahkan, pada saat acara berlangsung sempat diguyur hujan, namun tidak membuat konsetrasi peserta pecah.

Kepala Dinas Pendidikian Kabupaten Inhu H Ujang Sudrajat SP Msi yang diwakili Kepala Seksi Teknis Pendidikan Dasar dan Pra Sekolah Misyoto Spd mengatakan, sosialisasi dan workshop gerakan gemar membaca kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau dengan Riau Pos sangat penting diikuti. “Ini program Dinas Pendidikan dan Kebudayan Provinsi Riau bersama Riau Pos sebagai ajang untuk lebih berminat untuk membaca,” ujar Misyoto, Rabu (16/12).

Menurutnya, melalui kegiatan ini akan mampu menjadikan siswa dan semua yang ada disini lebih gemar membaca dan berkesinambungan dengan bisa membuat atikel, menulis opini dan sebagainya. Sebab, setiap orang yang banyak membaca tentunya berilmu dan akan terlihat berberda dengan orang jarang membaca.

Untuk itu, melalui acara ini hendaknya dapat menjadi siswa dapat bersaing pada lomba membaca terbanyak. “Mari buktikan, Kabupaten Inhu dapat bersaing dengan kabupaten/kota lainnya di Riau,” serunya.

Sementara itu nara sumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau, Petri yang juga Kabid Pendidikan Dasar mengatakan, program gemar membaca dilatar belakangi oleh kondisi masyarakat Riau. Karena secara umum, minat membaca masyarakat masih sangat rendah..

Dengan kondisi itu pula, tentunya akan berdamapak kepada daya saing sumber daya manusia (SDM) dengan daerah lain. “Dibanding dengan negara-negara yang berdekatan dengan Indonesia, daya saing SDM di Indonesia ternyata masih rendah,” ujarnya.

Untuk itu katanya, mulai dari kegiatan ini sebagai salah satu langkah menjadikan masyarakat Riau gemar membaca. Bahkan, untuk memancing minat baca itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau sudah bekerjasama dengan Riau, menggelar lomba yang berkaitan dengan membaca. “Mari tularkan minat membaca ini kepada orang-orang disekitar kita,” ajaknya.

Dalam pada itu pihak Riau Pos yang diwakil Zulpika mengatakan, lomba yang bakal digelar tentang membaca tersebut disampaikan kepada Riau Pos. Namun untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Riau Pos yang akan diterbitkan setiap hari. “Riau Pos terus memberi ruang yang seluas-luasnya untuk dunia pendidikan dan hal itu sesuai dengan motto Riau Pos bangun negeri bijakkan bangsa,” sebutnya.(kas)

Sumber: riaupos.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s