Buat Siswa Rajin Baca

ROADSHOW Jurnalis Cilik Sumatera Ekspres bersama Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang berlanjut ke SD Negeri 33 Palembang, di jalan Makrayu, Kelurahan 32 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Senin (14/12).

Di salah satu kelas, para siswa SDN 33 sudah rapi duduk di meja, sambil menyiapkan koran Sumatera Ekspres di bangku masing-masing. Tim Sumatera Ekspres kemudian meminta mereka membuka rubrik Pendidikan dan koran tersebut dan membaca berita berjudul ‘Sedia Payung Sebelum Hujan’.

 

Siswa yang berjumlah sekitar 100 orang tersebut pun antusias membacanya hingga selesai. Alifa zahara, siswa kelas 4 mengaku senang membaca dan bercita-cita ingin menjadi Dokter. “Saya suka ikut kegiatan ini,” ucapnya polos. Dia mengaku, kalau di rumah orang tuanya suka baca koran dan dirinya ikut bersama. “Kadang baca koran, lalu membaca buku. Tapi kalau membaca koran, sukanya di Hari Minggu,” urainya.
Rakes Ramadhan, siswa kelas 4A yang bercita-cita ingin menjadi Tentara juga merasa senang saat Sumatera Ekspres mendatangi sekolahnya. “Seneng, Mbak. Ini baru pertama ada di sekolah kami,” ucapnya. Jadi gemar membaca kalau diajak bersama-sama.
Kepala SDN 33 Palembang, Hj Ratna Dewi SPd, menyambut positif kegiatan Jurnalis Cilik. Sebab bisa memotivasi anak untuk rajin baca. “Yang awalnya kurang suka membaca jadi lebih berminat, anak-anak diminta rajin membaca, apalagi membaca koran merupakan jendela informasi seluruh dunia,” ucapnya.

 

Katanya, dengan anak-anak memegang koran setidaknya akan menumbuhkan minat membaca. “Ini suatu proses pembelajaran. Di koran bisa membaca berita politik, kesehatan, terutama minat mengembangkan pendidikan,” ucapnya.
Sekecil apapun jika ditekuni akan besar mamfaatnya. “Ada tulisan, siramlah aku seperti yang kalian buat pada sebuah tanaman di sekolah ini. Begitu juga koran, bacalah aku, dengan membacanya banyak hal bisa diketahui,” tuturnya. Dengan begitu pada suatu saatt nanti, para siswa bisa menjadi penulis maupun jurnalis handal.
Guna meningkatkan minat baca di kalangan peserta didik, lanjut Ratna, sekolah peraih adiwiyata dan sekolah sehat tingkat nasional ini telah menjadwalkan kunjungan ke perpustakaan. “Melatih anak-anak untuk belajar dan gemar membaca,” terangnya. Lanjutnya, para siswa bisa menggali kemampuannya lewat media koran dengan berbagai informasi yang disajikan. “Kita ingin menggali bakat dimiliki anak-anak untuk bisa disalurkan sesuai prestasinya masing-masing,” tandas dia.

Sumber: sumeks.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s