BPAD Pamerkan Arsip-Arsip Usia Ratusan Tahun

JOGJA – Badan Perpustakaan Arsip DIJ, memamerkan beragam arsip penting kelem-bagaan yang berusia puluhan tahun silam. Pameran yang digelar di Sitihinggil Keraton Jogjakarta ini akan berlangsung selama dua minggu (12 Desember).Dalam pameran yang diselenggarakan setiap tahun di perayaan tahunan sekatenan itu, ma-syarakat yang berkunjung akan diajak untuk melihat potret suasana kelembagaan pada zaman kasultanan, kemerdekaan, hingga masa kini.Pameran yang diselenggarakan oleh badan perpustakaan arsip daerah (BPAD) itu, juga memamerkan beragam jenis foto dan arsip-arsip kuno dari tahun 1843 hingga 1980-an. Foto-foto tersebut memiliki peran penting dalam pembangunan kelembagaan daerah pada setiap eranya

ARSIP KUNO: Pengunjung mengamati arsip kuno berupa sisa surat suara pemilu pertama yang sudah menyatu menjadi bongkahan yang dipamerkan di Sitihinggil Keraton Jogjakarta, kemarin (14/12).

Selain itu, juga terdapat arsip usia ratusan tahun yang hingga kini masih disimpan oleh badan perpustakaan DIJ. Mengangkat tema kelembagaan, sejumlah potret kegiatan kenegaraan, serta momen penting dihadirkan dalam beberapa bagian, yakni lembaga keagamaan‎, lembaga kasultanan dan kadipaten pa-kualam, lembaga ekonomi dan bisnis serta banyak lagi. Hal itu dapat dilihat melalui sejumlah foto serta surat-surat penting dalam pameran tersebut.Kepala Badan Perpustakaan Ar-sip DIJ‎ Budi Wibowo mengatakan, dari arsip dan foto inilah masyara-kat dapat mengetahui sistem pe-merintahan pada zaman kasultanan hingga masa kini. ”Selain itu pe-ngunjung diajak bernostalgia me-lihat bagunan lama melalui arsip foto zaman dahulu yang dipajang oleh BPAD,” ujarnya.

Di samping itu, juga menam-pilkan beragam‎ foto dan arsip penting daerah, arsip yang di-duga merupakan surat suara pemilihan umum pertama kali dan arsip keuangan.Arsip tersebut dalam kondisi telah lapuk termakan rayap. Meski begitu, arsip tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung stand BPAD.Dua kotak kaca tersebut me-rupakan bongkahan kayu sisa pelapukan rayap. Namun jangan salah dua benda dalam kaca merupakan arsip kelembagaan sangat penting, yakni arsip yang diduga sisa surat suara pemilu pertama kali pada tahun 1955 dan arsip keuangan daerah.Dua arsip daerah tersebut di-temukan pada tahun 80-an di sebuah lemari tua berisi arsip pemilu tahun 1955 di kantor pemerintahan DIJ. ”Kondisinya kini telah lapuk termakan rayap hingga mengeras, sehingga su-dah tidak dapat teridentifikasi,” ungkapnya.

Dua benda tersebut merupakan arsip sejarah penting, di mana masyarakat menggunakan hak pilihnya pertama kali dalam pemilihan umum tahun 1955.”Dipajangnya benda tersebut, menjadi cerminan masyarakat dan pemerintahan terhadap arsip-arsip penting yang mampu membaca pembangunan daerah untuk masa yang akan datang,” imbuhnya.

Sumber: radarjogja.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s