Dahlan Iskan Sebut Informasi Sebagai Salah Satu Kekayaan Bangsa

JAKARTA — Mantan Menteri BUMN sekaligus Ketua Serikat Pekerja Pers, Dahlan Iskan mengatakan informasi merupakan salah satu kekayaan bangsa. Ia menilai segala bentuk terbitan dan hasil karya anak bangsa memang perlu dilestarikan dan diabadikan.

Dahlan mengatakan, pada masa penjajahan dulu memang semua hasil terbitan Indonesia dirampas habis oleh Belanda. Sehingga banyak naskah naskah kuno dan terbitan asli Indonesia saat ini tidak bisa ditemui di negeri sendiri.

“Itu semua ada di leiden. Kita harus mulai lagi untuk mengkodifikasikan lagi dan menyimpannya sebagai kekayaan kita sendiri,” ujar Dahlan dalam diskusi Implementasi UU Nomor 40 Tahun 1990 di Perpustakaan Nasional, Senin (14/12).

Dahlan mengatakan hal ini perlu adanya kesadaran dari semua pihak khususnya para insan pers untuk bisa memberikan minimal satu buah terbitannya perhari ke Perpustakaan Nasional. Terbitan tersebut kemudian akan dirawat dan disimpan oleh Perpustakaan Nasional untuk menjadi bahan ilmu pengetahuan negara.

Dahlan juga berperan kecanggihan teknologi saat ini memungkinkan pengumpulan serta penyimpanan data menjadi lebih canggih dan efisien. Segala bentuk naskah bisa disimpan secara digital agar biaya perawatan dan penyimpanan bisa lebih murah.

Sumber: republika.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s