Rajin Membaca, Tips sukses ala orang Jepang

Kemajuan bangsa Jepang memang lah telah tak diragukan lagi, Jepang jadi salah satu negeri kiblat dalam aspek keberhasilan business industri. & seperti yg kita ketahui bahwa buat berhasil, kita perlu menuntut ilmu dari orang atau bangsa yg telah lebih dulu berhasil. Oleh lantaran itulah kepada artikel ini, kita bakal bahas berkenaan 3 sikap orang Jepang yg wajib kita tiru, supaya kita mampu jadi pribadi yg lebih berhasil lagi.

So, apa sajakah ketiga sikap yg aku tujuan? Silakan kita bahas ya : ).

Ada beberapa hal yg sanggup menjadikan kita semakin kagum pada kesuksesan Jepang, salah satunya yakni di tengah keterbatasan sumber daya alamnya, Jepang justru sanggup mengubah keterbatasan tersebut jadi satu buah kebolehan yg justru beri dukungan keberhasilan negaranya.

Tidak cuma itu bermacam macam perusahaan agung seperti Toyota, Yamaha, Honda, Panasonic, merupakan sederet pembuktian bahwa Jepang pantas kita teladani dalam berbisnis. Oke serta-merta saja,Dilansir dari blogmotivasi.com inilah 3 sikap orang Jepang yg wajib kita tiru :

1. Rajin Membaca.

Meskipun saya belum pernah ke Jepang, tapi dari berbagai bacaan dan tayangan yang pernah saya lihat, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan orang Jepang sangat suka membaca. Ketika mereka sedang dalam perjalanan ke tempat kerja, ketika mereka istirahat, dan banyak lagi, pokoknya seakan-akan buku adalah salah satu komponen penyusun kehidupan sehari-hari mereka.

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa dengan membaca buku kita bisa kaya informasi dan pengetahuan, dan dari pengetahuan itulah kita bisa membangun jalan untuk menggapai sukses. Untuk itu kalau mau sukses, jangan malas baca. Jadikan membaca sebagai kebutuhan primer kehidupan Anda.

2. Mari Kita Terapkan Prinsip Kaizen dan Hansei.

Apa itu? Memang kedua prinsip ini sedikit asing di telinga masyarakat Indonesia. Oke mari kita bahas ya.

Prinsip kaizen adalah ongoing and continous improvement, yang bisa kita artikan sebagai berkelanjutan dan peningkatan terus menerus. Sementara untuk prinsip hansei adalah never ending correction alias perbaikan tiada henti. Nah kedua prinsip ini sudah menjadi nilai luhur yang mendarah daging dalam kebudayaan dan iklim bisnis Jepang.

Tak heran, dengan penerapan kedua prinsip di atas industri Jepang bisa tumbuh sukses dan jaya. Mereka selalu berusaha untuk terus meningkatkan kualitas kehidupannya dan tentunya dibarengi dengan perbaikan yang tidak pernah henti. Sebuah cara kerja yang akan menjadikan sistem hidup  menjadi luar biasa super🙂.

Jadi, mari kita terapkan prinsip kaizen dan hansei ini dalam kehidupan kita bersama.

3. Menjaga Nilai Budaya.

Jepang adalah negara maju yang masih tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kearifan lokal mereka. Kita bisa lihat sendiri, Jepang tetap mampu memendarkan cahaya kearifan lokalnya meski ditengah gegap gempita mereka sebagai sebuah negara maju dengan kekuatan industri yang luar biasa.

Kebiasaan warga Jepang untuk tetap menjaga budayanya adalah patut kita tiru, lihatlah berbagai budaya khas Jepang yang selalu eksis sampai sekarang, seperti budaya samurai, budaya minum teh, dan banyak lagi. Seandainya saja bangsa kita Indonesia tetap memegang teguh nilai dan budaya luruh yang ada maka pasti masyarakat kita akan sukses seperti yang dialami oleh bangsa Jepang.

Sumber: babatpost.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s