Membaca Jadi Ketrampilan Hidup yang Penting

BATANG – Kemampuan membaca merupakan keterampilan hidup yang penting untuk menjamin keberhasilan setiap orang. Agar terampil dalam membaca, siswa perlu diberi banyak kesempatan untuk membaca buku yang relevan, dalam hal isi maupun tingkat kemampuan membacanya.

“Kegiatan membaca akan lebih efektif, bila dilaksanakan di dalam dan di luar jam pelajaran. Anak perlu batuan guru dan orang tua dalam membaca teks, membahas, dan memahami isi bacaan,” ujar Koordinator USAID PRIORITAS Kabupaten Batang, Raden Agus Danarta.

Dijelaskan, untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pihak USAID PRIORITAS memberikan pelatihan penggunaan buku berjenjang bagi para guru. Selanjutnya para guru yang telah mendapatkan pelatihan akan mengimplementasikan penggunaan buku berjenjang di kelasnya masing-masing.

Buku bacaan berjenjang sendiri dibagi dalam enam tingkatan sesuai dengan jenjang kesulitan, mulai dari yang sederhana untuk anak yang baru belajar membaca, sampai yang kesulitannya semakin tinggi untuk anak yang sudah lancar membaca.

“Masing-masing jenjang ditandai warna sampul buku yang berbeda. Ragam buku tersebut juga dilengkapi dengan buku besar untuk membaca bersama dan diharapkan tidak habis dalam sekali baca,” jelasnya.

Kustari Susilowati yang merupakan guru dari SDN Tambak Boyo 01 Reban, sudah mempraktikkan penggunaan buku berjenjang untuk kelas III. Walaupun sudah mempraktikkan sewaktu TOT, ternyata banyak hal menarik yang dia alami ketika mempraktikkannya langsung ke kelas. Dia harus memetakan ulang kemampuan membaca siswa dengan teknik 5 jari. Kemudian membaca bersama dan menarik perhatian siswa untuk aktif semua.

“Setelah membaca bersama dilakukan, siswa yang kurang mampu dalam membaca akan dikelompokkan bersama siswa yang memiliki kemampuan yang sama. Di dalam kelas terdapat dua atau lebih kelompok siswa yang kemampuan membacanya berbeda. Guru memilih dan memperkenalkan buku baru serta membimbing setiap siswa dalam membaca dan memahami isinya. Melalui pendekatan membaca terbimbing ini, kebutuhan individu siswa dapat dipenuhi,” tandas Kustari.

Sumber: radarpekalongan.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s