Pemprov DKI Launching I-Jakarta

JAKARTA – Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia yang diberi nama I-Jakarta. Aplikasi ini dilengkapi dengan reader untuk membaca buku digital (ebook-reader) dan fitur-fitur media sosial yang dapat diakses melalui perangkat keras (multidevice) maupun perangkat lunak (multi platform) seperti Android, iOS, dan Windows.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, perpustakaan digital I-Jakarta ini merupakan sarana untuk meningkatkan minat baca. Aplikasi ini merupakan bagian dari Jakarta Smart City.

“Kami ingin masyarakat mudah mendapatkan buku yang berkualitas. Selain itu, ini bisa juga dijadikan sarana menerbitkan buku secara digital bagi warga yang suka menulis tanpa harus cetak. Banyak yang bisa dihemat,” kata Ahok saat lauching I-Jakarta di Balai Agung Balai Kota, Selasa (13/10/2015).

Menurut Ahok, pertumbuhan pengguna layanan digital dan media sosial tidak lepas dari generasi muda atau disebut juga Gen-Y (Net Generation). Sehingga, pembangunan perpustakaan digital di era revolusi informasi saat ini menjadi sebuah keharusan.

“Net Generation ini menciptakan ruang sosial baru. Mereka berinteraksi enggak dibatasi ruang dan waktu. Mereka bahkan membentuk komunitas maya atau online fandom. Jadi I-Jakarta ini menjadi keharusan untuk mengimbangi zaman,” terang Ahok.

Sementara, Kepala BPAD Provinsi DKi Jakarta Tinia Budiarti mengatakan, perpustakaan digital I-Jakarta menyediakan ribuan buku dari beragam kategori mulai dari buku pelajaran sekolah, kuliah, ilmu pengetahuan umum, biografi, sejarah dan buku-buku populer yang bisa diakses seluruh warga Jakarta.

Sumber: okezone.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s