Ingin Warga DKI Gemar Baca, Basuki Luncurkan Aplikasi iJakarta

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meluncurkan aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia yang dikembangkan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta di Balai Agung, Selasa (13/10).

Dalam kesempatan tersebut, Basuki mengapresiasi adanya aplikasi ini untuk meningkatkan minat baca di DKI, terutama bagi anak-anak. Sebagai orang yang suka membaca sejak kecil, Basuki menyebutkan jika membaca lebih banyak yang didapatkan daripada menonton.

“Saya berharap orang Jakarta rajin baca, rajin nulis. Dengan adanya iJakarta, siapapun Anda bisa punya kesempatan untuk jadi penulis. Kalau banyak yang baca, nanti penerbit mau jadikan buku,” ujar Basuki di Balai Agung, Selasa (13/10).

iJakarta sendiri merupakan aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan reader untuk membaca buku digital (ebook-reader) dan fitur-fitur media sosial, dapat diakses melalui berbagai perangkat keras (multi device) maupun perangkat lunak (multi platform), seperti android, iOS, dan Windows, baik online maupun offline.

Pihaknya juga sudah meminta penerbit untuk bisa bekerjasama untuk turut memasukkan buku-buku mereka ke dalam aplikasi tersebut. Meskipun belum banyak penerbit yang berminat untuk memasukkan buku ke aplikasi, tetapi Basuki optimistis aplikasi ini akan sangat berguna untuk menaikkan minat baca anak-anak Jakarta.

Masih sedikitnya penerbit yang masuk, kata Basuki, karena mereka keberatan dan merasa bahwa buku yang mereka terbitkan tidak akan ada yang membeli lagi. Padahal, katanya, sistem di aplikasi iJakarta ini pada dasarnya sama dengan mekanisme peminjaman buku di perpustakaan.

Contohnya, katanya, jika pihaknya membeli dua buku, maka yang membaca juga pasti akan ada dua orang. Sisanya yang berminat terhadap buku tersebut juga harus menunggu antrean untuk mendapatkannya.

“Jadi tidak ada cerita buku bisa dibaca banyak orang. Saya bilang lebih aman iJakarta, karena kalau cari buku di perpustakaan sering tidak lengkap. Harusnya penerbit aman taruh buku di iJakarta,” katanya.

Selain peluncuran, di kesempatan yang sama juga diselenggarakn puncak peringatan Hari Anak Jakarta Membaca juga dilaksanakan dengan membagikan hadiah kepada sejumlah anak yang memenangkan perlombaan. Ada 11 kategori perlombaan yang diikuti, diantaranya adalah lomba membaca cerita, mengarang, dan lainnya.

Beberapa sumbangan buku dari berbagai pihak juga sudah terkumpul, sedikitnya sudah ada 11.000 buku sumbangan dan akan ada tambahan lagi sebanyak 60.000 buku yang akan disumbangkan untuk Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Pihak Kedutaan Singapura juga turut menyumbang sebanyak 300 buku, dalam rangka perayaan Hari Raya Singapura ke-50.

Kepala BPAD Tinia Budiati mengatakan, pelaksanaan Hari Anak Jakarta Membaca sudah dilaksanakan sejak 2007 dan diselenggarakan dalam rangka meningkatkan minat baca anak Jakarta. Tahun ini, para peserta lomba Hari Anak Jakarta Membaca juga diikuti oleh anak-anak yang berkebutuhan khusus dan anak-anak berkebutuhan hukum dari lapas kelas 2 Salemba.

“Jadi perpustakaan digital iJakarta ini merupakan sarana untuk meningkatkan minat baca dan menjadi bagian dari Jakarta Smart City. Tujuannya agar masyarakat mudah mendapatkan buku yang berkualitas,” katanya.

Selain itu, iJakarta juga bisa menjadi sarana untuk menerbitkan buku secara digital bagi warga yang gemar menulis, tanpa harus dicetak. Aplikasi ini, katanya, dirancang agar penyelenggaraan perpustakaan lebih mudah dan cepat dengan memanfaatkan teknologi.

PT Woolu Aksara Maya merupakan pengembang aplikasi yang berbasis media sosial tersebut. Beberapa penerbit yang sudah bekerjasama adalah Gramedia Pustaka Utama, Erlangga, Agro Media Group, Mizan, Elex Media Komputindo, Gramedia Widiasarana Indonesia, Bhuana Ilmu Populer, Kepustakaan Populer Gramedia, Penerbit Kanisius, UGM Press, UNS Press, dan UB Press, serta penerbit lainnya.

Sumber: beritasatu.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s