Berita Terkini : Menuju Smart City, Ahok Luncurkan I- Jakarta, Benarkah Ada Faktor Politik?

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat gebrakan lagi dengan meluncurkan layanan aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia yang bernama I- Jakarta.

Aplikasi yang dilengkapi Reader ini digunakan untuk membaca buku digital (ebook-reader) dan fitur – fitur media sosial yang dapat diakses melalui perangkat keras ( multidevice ) maupun perangkat lunak ( multi platform ) seperti Android, iOS, dan Windows.

Gubernur Dki Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan I- Jakarta yang juga merupakan bagian dari program Smart City ini merupakan sarana untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat Jakarta pada Umumnya. Pemerintah ingin masyarakat mudah mendapatkan buku yang berkualitas.

Selain itu ini juga dijadikan sarana menerbitkan buku secara digital bagi warga yang hobi menulis tanpa mencetak dan menghabiskan biaya lebih. Rencananya ada sekitar 5 ribu buku lebih yang akan di launching pada akhir tahun 2015 mendatang. Buku Elektronik ini berasal dari penerbit dan buatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta.

Ahok mengungkapkan bahwa pertumbuhan pengguna layana digital dan media sosial tidak terlepas dari generasi anak muda yang disebut Gen Y atau Net Generation. Sehingga sangat diharuskan bagi pemerintah daerah untuk memprogram dan membangun infrastruktur seperti Aplikasi I- Jakarta adalah sebuah keharusan.

Sementara itu Ahok Juga mengungkapkan bahwa nanti juga akan dibarengi dengan pembangungan infrastruktur lain yang mendukung program ini.

Net Generation menciptakan wawasan ruang sosial yang baru bagi masyarakat. Mereka berinteraksi kapanpun dan tanpa harus dbatasi ruang dan waktu. Bahkan mereka membentuk komunitas maya yang atau yang disebut Online fandom. Jadi pemerintah Provinsi Jakarta menjadi keharusan untuk membangun infrastruktur seperti I- Jakarta.

Menuju Smart City, Ahok Luncurkan I- Jakarta, Benarkah Ada Faktor Politik.

Sementara itu Kepala BPAD Provinsi DKI Jakarta Tinia Budiarti mengungkapkan perpustakaan digital menyediakan ribuan buku dan beragam macam kategori  dimulai dari buku sejarah, biografi, pelajaran sekolah, pengetahuan umum. Tersedia juga Buku daftar katalog izin mendirikan bangunan  dan buku popular lainya yang bisa diakses bagi seluruh warga Dki Jakarta.

Sumber: newsth.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s