Berita Hari Ini : Ahok Resmi Luncurkan Perpustakaan Digital, Pertama Di Indonesia !

Aplikasi iJakarta Merupakan Hasil Kerja Sama Pemprov DKI Dengan PT Woolu Aksara Maya

Gubernur DKI Basuki Tajahja Purnbama Meluncurkan terobosan dan inovasi terbaru. Ahok meluncurkan Aplikasi Perpustakaan digitak pertama di Indonesia bernama I Jakarta. Dengan Program Dari Ahok tersebut masyarakat bisa meminjam buku yang dimiliki badan Perpustakaan dan arsip Daerah (BPAD) DKI dalam Bentuk Digital.

Ahok mengatakan pada jalan Mendan Merdeka Selatan pada hari selasa (13/10) bahwa sekarang dengan adanya IJakarta ia sedang meyakinkan penerbit untuk bersedia menauh Buku yang akan diterbitkanya kepada Pemprov DKI untuk dijakdikan E-books. Kebanayakan oenerbit saat inimemang masih keberatan dengan permintaan Ahok tersebut. Namun ia dan pihaknya akan terus Menyakinkan Penerbit untuk mau membuat Buku tersebut menjadi E Books dan ditaruh di Perpustakaan iJakarta.

Menurut ahok alasan penerbit enggan memberikan Buku yang akan diterbitkan mereka karena takut tidaka akan dijual. Penerbit memga banyak yang mengatakan bahwa masih takut jika program telah berjalan nantinya Buku yang Mereka Terbitkan tidak akan ada yang membeli.

Ahok sekaligusn promosi kala itu mengatakan bahwa cara kerja dan teknis perpustakan digital ini tak ada bedanya dengan perpustakaan. Ahok pun mengatakan kepada penerbit untuk tidak usah khawatir.

ijakarta

Meskipun buku yang disewakan tersebut berbenbtuk digital, Itu bukan berarti Orang bisa membaca buku tersebut seenaknya saja. semua masyarakat tetap harus mengantre untuk meminjam buku.

Jika buku yang tersedia di aplikasi tersebut hanya satu e-book, hanya satu orang yang bisa meminjam untuk membacanya. Orang lain yang juga ingin membaca harus menunggu peminjam sebelumnya mengembalikan.

Bahkan,  Ahok menjamin , menyediakan buku di perpustakaan digital di iJakarta justru lebih aman daripada di perpustakaan bisa. Menurut Ahok, di perpustakaan biasa, banyak terjadi kejadian sobeknya halaman buku atau tulisan yang pudar. Selain itu jika ada yang tidak mengembalikan.

selain rusaknya Buku. Terjadi pula kasus lain seperti pembajakan buku dengan cara menggandakan buku-buku di perpustakaan. Ahok menjamin Kenjadian semacam itu tidak akan terjadi di iJakarta.

sebagai Infeormasi, dalam Progranm iJakarta perpustakaan digital pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas e-book reader. Selain itu, ada pula fitur media sosial layaknya sebuah Forum diskusi untuk membicarakan buku yang sedang banyak dibaca.

Sumber: smeaker.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s