Ahok Luncurkan Aplikasi iJakarta, Perpustakaan Digital Pertama Di Indonesia

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama resmi meluncurkan aplikasi iJakarta, perpustakaan digital pertama di Indonesia. Pria yang akrab disapa Ahok tersebut berharap aplikasi iJakarta dapat meningkatkan minat baca di DKI Jakarta, khususnya bagi anak-anak.

Aplikasi iJakarta dikembangkan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta. Aplikasi berbentuk perpustakaan digital tersebut dilengkapi dengan e-book reader atau fitur membaca buku digital, dan fitur medsos yang dapat diakses di berbagai perangkat keras (multi device) termasuk smartphone, dengan lintas platform, mulai dari Android, iOS, Windows, secara online maupun offline.

Saat acara peluncuran aplikasi iJakarta di Balai Agung, kompleks Balai Kota, pada hari Selasa, 13 Oktober 2015, Ahok menyatakan apresiasinya terhadap upaya pembuatan aplikasi ini. “Perpustakaan digital iJakarta adalah sarana meningkatkan minat baca dan jadi bagian dari Jakarta Smart City,” tutur Ahok.

Melalui iJakarta, masyarakat dapat memperoleh buku berkualitas secara gratis. Namun, seperti perpustakaan biasa, pembaca tetap harus mengantre apabila buku tersebut sedang dibaca orang lain.

Beragam kategori buku yang ditawarkan perpustakaan digital iJakarta termasuk buku pelajaran sekolah, ilmu pengetahuan umum, biografi, sejarah, hingga buku populer. Selanjutnya, fitur media sosial dapat dimanfaatkan sebagai sarana diskusi dan berbagi review buku bacaan di kalangan sesama pembaca.

Aplikasi iJakarta adalah hasil kerjasama antara Pemprov Jakarta dengagn PT Woolu Aksara Maya sebagai pengembang. Untuk pengadaan buku, aplikasi ini telah memperoleh dukungan dari berbagai pihak, diantaranya Gramedia Pustaka Utama, Erlangga, Agro Media Group, Mizan, Elex Media Komputindo, Gramedia Widiasarana Indonesia, Bhuana Ilmu Populer, Kepustakaan Populer Gramedia, Penerbit Kanisius, UGM Press, UNS Press, dan UB Press, serta penerbit lainnya.

Bagi pengguna perangkat Android versi 4.0 atau di atasnya, dapat mengunduh aplikasi iJakarta secara gratis melalui Google Play Store dengan ukuran file 33MB. Sementara untuk pengguna perangkat iOS 7.0 dan diatasnya, dapat mengunduh aplikasi iJakarta melalui iTunes dengan ukuran file 23,8MB. iJakarta dapat juga berjalan di perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch yang mengusung sistem operasi iOS 7 keatas.

Sumber: hargatop.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s