Menghidupkan Perpustakaan, Asyiknya Membaca di Cafe

Tempat-tempat membaca yang dikelola swasta lainnya yang cukup popular di Jakarta ialah Reading Room. Tempat ini sebenarnya sebuah kafe namun menyediakan ribuan buku yang bisa dibaca di tempat.

Berbagai buku ada di sana, baik fiksi maupun non-fiksi. Kebanyakan justru buku-buku berbahasa Inggris.

“Buku berbahasa Inggris biasanya sumbangan dari teman-teman kami ekspatriat,”ujar Tommy F Awuy, salah satu pendiri Reading Room.

Tommy mengatakan selama tiga tahun berdiri, respon masyarakat cukup bagus. “Mereka yang datang tiap harinya, saya lihat wajah-wajah baru. Ini menunjukan sebenarnya antusiasme masyarakat terhadap buku masih tinggi,” ujar pria yang juga pengajar di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Universitas Indonesia itu.

Dia menyakini, orang-orang yang datang ke Reading Book bukan sekedar ingin mencicipi makanan atau minuman di cafe-nya. Namun juga ingin menikmati suasana membaca buku yang asyik.

Reading Room yang barada di Jalan Kemang Timur Raya buka setiap Senin-Sabtu. Pada Senin-Rabu, mereka buka dari pukul 10 – 24. Sedangkan Kamis-Sabtu, jam buka lebih panjang, yakni hingga pukul 02 dini hari.

Saat ini lebih dari 3 ribu koleksi buku menghiasi Reading Room. Setiap orang yang datang bebas membaca buku, dari tempat itu buka sampai tutup. “Tanpa kami pungut biaya dan tanpa harus registrasi,” ujarnya.

Tommy mengatakan yang membuat tempatnya tetap eksis ialah pengelola selalu berupaya membuat pengunjung senyaman mungkin berada di dalam Reading Room.

“Kami perhatian detail-detail yang membuat pengunjung bisa nyaman, termasuk dalam hal desain interiornya,” paparnya.

Sebelumnya, tempat baca yang serupa dengan Reading Room ialah Freedom Institut. Sayangnya perpustakaan yang dulu dikelola Rizal Mallarangeng itu kini sudah tutup. Freedom menyediakan buku-buku bacaan bermutu. Mulai dari buku sejarah, sosial hingga politik.

Sumber: jawapos.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s