5 Cara Ini Membantu Anda Lebih Cepat Tidur (Termasuk Membaca)

Butuh waktu berjam-jam hingga mata mau terlelap? Kejadian ini tak hanya bisa membuat Anda merasa gelisah, namun bisa memangkas waktu tidur yang akhirnya berdampak pada kesehatan. Pasalnya, tidur bukanlah sebatas rutinitas, namun bila dilakukan dengan berkualitas, tidur memberikan banyak sekali nilai plus.

Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan di University of Luebeck mendapati, orang-orang yang tidur cukup saat malam, tiga kali lebih mungkin untuk berpikir kreatif, mengingat sesuatu, memecahkan masalah, dan melakukan aktivitas lain yang berkaitan dengan kemampuan otak. Selain itu, tidur yang cukup membuat kadar hormon dalam tubuh menjadi seimbang, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit seperti kanker.

Jadi, jangan sepelekan kesulitan tidur yang selama ini Anda alami. Beberapa cara ini bisa Anda coba untuk bisa mengantuk dalam waktu 5 menit:

Makan malam yang mudah dicerna

Porsi makan besar dan berat akan membebani pencernaan sehingga membuat Anda sulit mendapatkan tidur yang nyenyak. Walaupun makan banyak bisa membuat Anda mengantuk, namun untuk sampai pada tahap tidur yang berkualitas, tubuh Anda membutuhkan waktu yang lebih lama.

Bila sudah terlanjur, tunggu minimal 2 jam sebelum beranjak ke tepat tidur, agar pencernaan punya kesempatan untuk menyelesaikan tugasnya. Andai rasa lapar datang saat mendekati waktu tidur, buah bisa menjadi pengisi perut yang tak akan menyulitkan Anda untuk terlelap.

Hindari pembicaraan yang berat dengan pasangan

Pembicaraan yang berat bisa membuat otak bekerja ekstra sehingga Anda rentan mengalami kelelahan bahkan frustasi bila tak juga menemukan solusi. Sudah tentu, ini akan membuat Anda terjaga dan sulit tidur. Walau bisa tidur pun, kemungkinan untuk mimpi buruk menjadi lebih besar, sehingga untuk mendapati tidur yang damai akan cukup sulit.

Ada baiknya untuk membicarakan masalah dengan pasangan di waktu lain, atau setidaknya beberapa jam sebelum waktu tidur tiba, seperti saat makan malam. Jadi, ketimbang berbicara tentang permasalahan yang terjadi hari ini, ajak pasangan untuk membicarakan hal-hal yang menyenangkan yang bisa disyukuri. Pembicaraan ini akan membawa tubuh dan pikiran Anda ke suasana damai sehingga lebih mudah beristirahat.

Baca buku

Buku yang dimaksud di sini adalah buku dalam bentuk nyata, bukan buku yang ada di tablet atau smartphone. Pasalnya, gelombang biru yang dipaparkan gadget malah akan membuat Anda sulit tidur dan terus terjaga. Jadi, segera siapkan novel favorit, gunakan lampu baca dengan pencahayaan lembut seraya duduk di tempat tidur.

Biarkan mata Anda mengantuk dengan sendirinya, lalu mulailah terlelap dengan perlahan, jangan memaksakan untuk terus membaca walau Anda telah sampai pada bagian yang paling membuat penasaran. Membaca buku sebelum tidur ternyata cukup efektif membuat seseorang mengantuk dalam waktu 5-10 menit.

Membuat to-do-list

Mungkin banyak yang bertanya, mengapa harus dilakukan sebelum tidur? Selain menjadi pengingat apa saja yang perlu Anda lakukan besok, membuat list kegiatan di selembar kertas juga bisa membuat Anda lebih cepat terlelap. Inilah saatnya untuk meletakkan kertas dan pensil di meja kamar.

Mulailah menulis sambil duduk dengan kondisi kaki yang rileks. Sebab saat Anda menulis apa saja kegiatan di esok hari, secara tidak langsung Anda memerintahkan otak untuk beristirahat dengan damai agar lebih siap mengahadapi banyaknya aktivitas.

Ubah pengaturan ponsel ke airplane-mode

Deringan, notifikasi, serta keinginan untuk terus update sosial media, akan membuat pikiran Anda menuntut untuk tetap terjaga walau tubuh sudah lelah. Sehingga, mematikan ponsel di waktu tidur dinilai menjadi cara yang paling ampuh untuk membuat Anda cepat tidur.

Sumber: kompas.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s