Buku Panduan Bayi Tidak Selalu Tepat

Begitu memiliki bayi, hidup Anda otomatis berubah. Rengekan tangis Si Kecil yang sulit diartikan terkadang membuat Anda kelimpungan. Saat inilah, Anda membutuhkan buku ‘primbon; yang bisa menolong untuk mengasuh Sang Buah Hati. Benarkah demikian?

Bidan dan suster anak, Rene Rees dari http://www.healthybaby.com.au mengatakan, ada kalanya buku panduan memang bisa menjadi solusi untuk penanganan bayi baru lahir. Namun, bukan berarti setiap buku bisa diterapkan kepada semua bayi. “Pada dasarnya, semua anak berbeda dan punya karakter masing-masing. Berbekal hal ini, saya selalu menegaskan ibu baru untuk ‘membaca’ bayi mereka terlebih dahulu sebelum membaca buku panduan,” tambahnya.

Rene juga menjelaskan, jika hal-hal rutin yang dianjurkan di buku berhasil Anda terapkan, itu bagus buat Anda. Namun, bila ternyata tidak cocok, Anda tidak boleh kecewa. “Beberapa buku menyarankan untuk memberi makan Si Kecil 1 jam sekali, namun hal ini tidak selalu bisa dilakukan dan Anda mungkin berpikir ini salah Anda.” Perlu diketahui bahwa produksi ASI masing-masing ibu berbeda dan tergantung dari karakter bayi Anda, grafik tumbuh-kembang, dan berapa banyak energi yang dibutuhkannya. Jika bayi Anda membutuhkan ASI setiap 2 jam sekali, Anda harus memenuhinya. Intinya, Anda harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan keinginan buah hati Anda.

Jadi apa kesimpulannya? Mengurus Si Kecil yang baru lahir akan menjadi hal yang menyenangkan kalau Anda sudah tahu caranya. Sekali lagi, semua itu tergantung dari Anda, Si Kecil, gaya Anda, dan pendapat Anda tentang rutinitas. Kebanyakan ibu memang setuju bahwa melakukan hal-hal rutin untuk bayi sesuai arahan dari buku memang dapat membuat bayi dan seluruh keluarga Anda senang dan bisa tidur nyenyak. Tetapi, Anda tak harus selalu mengandalkan buku untuk memperoleh ‘kenikmatan’ menjadi ibu.

Sumber: motherandbaby.co.id

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s