Belanda Punya Toko Buku Keren Dalam Gereja Abad ke-13

Maastricht – Beberapa gereja tua di Kota Maastricht, Belanda, ‘disulap’ menjadi fasilitas umum yang modern dan nyaman. Selexyz Dominicanen misalnya, gereja peninggalan abad ke-13 yang kini menjadi toko buku dan perpustakaan.

Maastricht adalah kota yang terletak di ujung selatan Belanda, berbatasan langsung dengan Belgia dan Jerman. Traveler yang menyambangi Dominican Square di tengah Kota Maastricht pasti terkagum-kagum melihat bangunan gereja kuno peninggalan abad ke-13.

Ini adalah gereja Dominican yang dibangun pada 1294. Namun kini, bangunan kuno tersebut dialihfungsikan menjadi toko buku dan perpustakaan. Selexyz Dominicanen, begitu nama toko buku tersebut.

Keren, tentu saja. Itulah kesan pertama yang detikTravel rasakan saat menginjakkan kaki di Selexyz Dominicanen minggu lalu. Eksterior gereja itu masih sama seperti asli, terbuat dari batu kapur yang menghitam di beberapa bagian. Sama halnya dengan dinding bagian dalam.

Bangunan ini bertahan sebagai gereja hingga pada 1794, Maastricht beserta kota-kota lainnya di Belanda diinvasi oleh Napoleon. Bangunan ini kemudian sempat difungsikan sebagai gudang, gedung arsip, bahkan area parkir khusus sepeda.

Hingga akhirnya sekumpulan arsitek yang tergabung dalam Merkx + Girod ‘menyulap’ bagian dalam gereja ini menjadi toko buku sekaligus perpustakaan. Sebuah bangunan baru dibuat di dalam gereja, berupa rak buku raksasa yang terdiri dari 3 tingkat. Tak ada satu pun bagian dalam gereja yang dirobohkan, atau dirombak besar-besaran.

Buku dari berbagai genre ada di toko sekaligus perpustakaan ini. Bahkan di lantai 2, terdapat koleksi seputar musik mulai dari piringan hitam sampai CD. Di bagian ujung Selexyz Dominicanen terdapat kafe untuk minum kopi dan mencicipi pastry sambil membaca buku.

Selexyz Dominicanen terbuka untuk semua orang, tak perlu sungkan untuk masuk dan melihat-lihat. Waktu detikTravel berkunjung, tak sedikit wisatawan yang tampak terkagum-kagum oleh perpustakaan keren ini. Tak heran, pada 2008 situs berita Guardian mendaulatnya sebagai ‘toko buku terbaik di dunia’.

Sumber: detik.com

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s