Bangun Perpustakaan Tingkatkan Minat Baca Warga

TANJUNG REDEB. Membuka cakrawala pengetahuan bagi generasi muda di daerahnya, pemerintahan Kampung Tanjung Perepat menyediakan perpustakaan umum. Meskipun masih terbatas, namun keberadaan perpustakaan ini sudah mampu menarik minat baca banyak warga. Tidak hanya bagi anak-anak usia sekolah, kaum dewasa pun banyak yang mengunjungi perpustakaan ini.

Menyadari perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka yang memberikan banyak pengetahuan, pemerintahan kampung sampai kini masih terus berupaya agar bisa mengimbangi minat baca warganya.
Bahan pustaka yang disedikan pun mulai berkembang dengan koleksi yang bervariasi untuk menambah wawasan dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
Menyadari bahwa buku sebagai jendela dunia, dengan kesepahaman bersama perpustakaan ini akhirnya didirikan dengan menggunakan anggaran kampung. Alhasil, ratusan buku berbagai jenis terdapat digedung yang tiap harinya dijaga oleh staf perpustakaan yang merupakan sukarelawan dari warga setempat.
Sekretaris Kampung, Hamsyah menyebutkan, perpustakaan tersebut awalnya diperuntukan untuk menarik minat baca anak-anak sekolah di Kampung Tanjung Perepat dan sekitarnya. Namun lambat laun, seiring peningkatan minat baca yang tinggi, koleksi buku yang sebelumnya seputar anak-anak ditambah dengan koleksi yang diseusaikan dengan minat kaum dewasa.
“Sekarang sudah ada juga koleksi buku-buku untuk orang dewasa. Karena permintaan kita berusaha agar koleksi buku ini terus ditambah ada macam-macamlah di sini,” ungkap Hamsyah. Saat ini terdapat 503 koleksi buku berbagai jenis.
Mulai dari buku pelajaran sekolah, pengetahuan umum, resep masakan, sejarah, komik novel dan banyak koleksi lainnya. Aneka buku yang tersedia tidak terlepas dari permintaan warga yang memang masih didominasi anak-anak sekolah.
Meski demikian, aspirasi warga untuk penambahan koleksi seusai usia juga masih terus diupayakan. Buku-buku yang ada saat ini ada yang merupakan hibah dari pemerintah, ada yang dibeli sendiri oleh pemerintahan kampung juga sumbangan-sumbangan dari pihak lain.
Menurutnya setiap hari ada saja anak-anak sekolah yang datang untuk meminjam buku juga ada yang sengaja datang untuk membaca di perpustakaan. “Kami berupaya agar koleksi buku-buku di sini bisa ditambah,” jelas Hamsyah.
Untuk itu, selain upaya terbatas yang dilakukan pemerintahan kampung, dirinya juga berharap agar ada partisipasi pihak lain untuk membantu menambah koleksi buku perpustakaannya. Termasuk perpustakaan Pemkab Berau, jika memungkinkan bisa memberikan sejumlah buku untuk menambah jendela pengetahuan bagi masyarakat Tanjung Perepat.
Sumber: sapos.co.id

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s