Survei: Dari Seribu Orang, Hanya Satu yang Baca Buku

Anak Indonesia, kini lebih kenal artis sinetron daripada buku bacaan.

Survei Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNESCO) menyebut minat baca penduduk Indonesia sangat rendah dibandingkan negara lain.

Sebagai perbandingan, survei menunjukkan bahwa dari seribu orang di Indonesia, hanya ada satu orang saja yang membaca buku.

“Di Amerika Serikat, satu penduduk bisa sampai 20 hingga 30 judul buku. Di Jepang, antara 10 hingga 15 buku. Di Asia, satu hingga tiga buku. Sementara, di Indonesia, nol sampai satu buku setiap tahun,” kata Kepala Perpustakaan Nasional RI Sri Sularsih di Kota Malang, Senin 31 Agustus 2015.

“Anak-Anak Indonesia lebih akrab dengan nama pemain sinetron ketimbang judul buku,” tambahnya.

Meski begitu, Sri tetap optimistis bahwa kondisi minimnya minat baca penduduk Indonesia tersebut masih bisa dibenahi. Dia meyakini, meski tertinggal dalam minat baca, namun penduduk Indonesia juga telah lama mengenal buku dari berbagai literasi lain.

“Misalnya membaca Alquran, atau kitab lain, itu kan juga buku,” katanya.

Saat ini, beragam upaya untuk menumbuhkan minat baca penduduk Indonesia masih terus dioptimalkan. Sejumlah langkah pun dilakukan, seperti perbaikan sarana dan fasilitas untuk mendekatkan akses baca kepada penduduk, memperbanyak judul buku hingga melakukan roadshow.

“Beberapa penyebab rendahnya minat baca adalah akses transportasi yang sulit dari perpustakaan dengan penduduk, judul buku yang tidak lengkap, dan sarana lainnya. Kami meningkatkan minat baca penduduk Indonesia, dengan menambah buku, mobil keliling, dan sarana yang lain,” katanya.

Hingga kini, Perpustakaan Nasional mencatat telah ada sekitar 500 perpustakaan di kota dan kabupaten seluruh Indonesia dan sekitar 22 ribu perpustakaan tingkat desa dan kelurahan.

Sumber: viva.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s