Perpustakaan Desa Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

PASIRPENGARAIAN – Salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Rokan Hulu dengan mendirikan perpustakaan desa.

Sehingga dengan ada perpustakaan desa itu, dapat meningkatkan minat baca masyarakat dan pelajar. Sebab dengan gemar membaca, dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan akan mengangkat harkat dan martabat manusia.

Pernyataan itu diungkapkan Wakil Bupati Rokan Hulu Ir H Hafith Syukri MM, Jumat (27/8) malam, usai menyerahkan secara simbolis bantuan 1.000 buku dari UPTD Pendidikan Kecamatan Rambah Samo untuk perpustakaan desa kepada Kades Rambah Utama Eko Rudi Harmoko SE di Pondopo dalam acara resepsi puncak peringatan HUT ke-70 RI.

Dia mengaku, pemerintah daerah berupaya mencarikan solusi dalam memotivasi masyarakatnya untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan melalui membaca.

Dengan adanya puluhan perpustakaan desa yang tersebar di Rohul saat ini, dapat menunjang masyarakat gemar membaca beragam buku-buku pengetahuan dan sejenisnya di perpustakaan desa.

Pemerintah Kabupaten Rohul melaui  Kantor Perpustakaan dan Arsip (KPA) akan membantu desa-desa yang aktif mendorong dan menjaga serta memasyarakatkan perpustakaan desa dengan menyediakan buku bacaan baik pelajaran sekolah dan untuk masyarakat.

‘’Perpustakaan desa diharapkan dapat menjadi sarana belajar dan meningkatkan minat baca masyarakat dalam meningkatkan ilmu pengetahuan. Peranan desa lewat perpustakaan desa akan sangat membantu masyarakat dalam menambah ilmu pengetahuan,’’ jelasnya.

Bantuan buku yang diberikan pemerintah daerah tersebut merupakan bagian dari upaya untuk ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memasyarakatkan minat baca bagi warga masyarakat Rambah Utama.

Dengan membaiknya minat baca masyarakat, lanjut Hafith secara tak langsung akan semakin menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat dan pada akhirnya memberikan kontribusi untuk mendorong meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Rokan Hulu secara keseluruhan.

Dia mengimbau desa dan kelurahan di Rohul ikut aktif dalam mendukung program peningkatan minat baca tersebut dengan menyediakan perpustakaan di desa masing-masing.

‘’Ke depan kita akan terus berupaya menyediakan buku lebih bervariatif lagi untuk terus menambah minat baca pelajar dan masyarakat di perpustakaan desa,’’ tambahnya.

Sumber: riaupos.co

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s