Alfamart dan Laskar Karo Erdilo Luncurkan Program Takubi Corner

MEDAN – PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk sebagai pengelola jaringan toko Alfamart dan Alfamidi meluncurkan Program Takubi Corner (Taman Buku Albi) di sekolah yang terletak di lingkar wilayah Gunung Sinabung di Desa Sukandebi, Karo. Alfamart menggandeng relawan dari Laskar Karo Erdilo untuk membagikan Takubi Corner yang dananya dikumpulkan dari partisipasi masyarakat yang berbelanja di toko.

Sebelum memberikan paket rak perpustakaan lengkap dengan ratusan paket buku anak-anak terbitan Gramedia, anak-anak SD Sukandebi terlebih dahulu diajari dengan berbagai kegiatan menarik di bidang seni, fotografi dan sains. Mereka juga dihibur dengan berbagai games menarik sambil dibagikan paket dari Alfamart.

Dalam rilisnya kepada tribun-medan.com, Minggu (30/8/2015) Deputy Branch Manager Alfamart Medan, Hadi Susianto, berharap paket rak perpustakaan yang diberikan Alfamart berguna dalam menumbuhkan minat baca siswa meskipun kondisinya masih memprihatinkan karena erupsi Gunung Sinabung yang belum juga berhenti. Dengan bantuannya ratusan paket buku itu, para siswa diharapkan tetap semangat belajar dan bisa memperoleh ilmu dari buku-buku terbaru yang mereka baca.

“Kita prihatin dengan kondisi di wilayah ini. Meskipun begitu kita tetap berharap anak-anak tetap semangat untuk belajar demi meraih cita-citanya. Salahsatunya dengan menumbuhkan minat membaca buku agar pengetahuan makin luas dan bertambah. Semoga program Takubi Corner ini bermanfaat,” katanya di hadapan ratusan siswa yang hadir saat itu seraya meminta para siswa agar tidak malas membaca dan sering datang ke perpustakaan.

Kepala Sekolah Sukandebi, Ganti Sitepu, mengapresiasi bantuan Takubi Corner yang diberikan Alfamart kepada pihak sekolah. Apalagi buku di perpustakaan sekolah memang butuh diperbaharui dengan pengetahuan terkini yang dibutuhkan anak-anak. Ia optimistis minat baca siswanya akan meningkatkan dengan buku-buku tersebut.

“Ini bantuan yang sangat diperlukan sekolah saat ini. Apalagi langsung bersentuhan dengankebutuhan siswa. Terimakasih untuk donasi yang dikelola Alfamart,” katanya.

Setelah perpustakaan diberikan dan bukunya dilengkapi, para siswa yang baru saja pulang sekolah langsung menyerbu ke arah rak perpustakaan. Mereka memilih buku dan langsung membacanya.

“Nggak pernah kubaca buku ini,” kata Ani, seorang siswa, sambil duduk diantara teman-temannya yang sudah terlebih dahulu membaca buku di perpustakaan.

Usai penyerahan donasi Takubi Corner, anak-anak lalu dibawa ke Jambur Sukandebi untuk menonton film Laskar Pelangi. Salahsatu relawan Laskar Karo Erdilo, Dedy Sinuhaji, berharap pemutaran film ini bisa membangkitkan semangat para siswa agar lebih giat belajar meskipun dilanda bencana erupsi Sinabung.

“Film ini bercerita banyak tentang perjuangan anak kecil Sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Semoga mereka tetap semangat sekolah dan belajar,” terangnya.

Program Takubi Corner diproyeksikan dapat membantu pengembangan minat baca di seluruh Indonesia. Adapun bentuk bantuan yang diberikan adalah perbaikan bangunan, pengadaan Furnitur/Rak buku, penambahan koleksi buku bacaan dan manajemen perpustakaan bagi pengurus TBM.

Bantuan ini merupakan bagian dari rangkaian program Alfamart Sahabat Indonesia di bidang pendidikan, di mana perusahaan bekerja sama dengan Yayasan Nusa Membaca dalam hal alokasi dan pengadaan.

Solihin, Corporate Affairs Director Alfamart, mengatakan perlu upaya untuk menanamkan dan memupuk kembali kebiasaan membaca pada anak sejak dini.

“Aksesnya perlu dipermudah, konsepnya juga harus dibuat menarik agar anak-anak lebih berminat untuk membaca,” ujarnya.

Sumber: tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s