DPRD kalimantan Timur Dukung Rancangan Perda Perpustakaan

SAMARINDA. Di perpustakaan setiap harinya terjadi aktivitas, seperti membaca, meminjam dan juga mengembalikan buku yang melibatkan banyak orang. Mengefektifkan kinerja dari petugasnya, dibutuhkan sistem informasi untuk pengelolaan perpustakaan.

Anggota DPRD Kaltim Andika Hasan, mendukung penuh, jika perpustakaan di Kaltim memiliki sistem pendataan literatur buku-buku dengan menggunakan data base. Tentunya akan mempermudah proses pencarian buku.
“Sistem databese adalah sistem yang berstandar nasional yang sudah hampir dipergunakan diseluruh perpustakaan di Indonesia. Nantinya memudahkan pengunjung perpustakaan mengakses katalog buku maupun literatur buku,” katanya.
Kemudahan juga didapatkan pekerja pustakawan dalam menata dan membagi buku sehingga lebih efektif dan efisien.Politikus PDI-P tersebut juga menganggap bahwa perkembangan teknologi dan informasi pada saat ini jauh sudah pesat, jadi Sumber daya manusia (SDM)  Kaltim harus bergerak cepat menyesuaikan.
DPRD telah menggodok rancangan peraturan daerah mengenai pelaksanaan perpustakaan. Didalam rancangan tersebut akan dimuat pengaturan bagaimana perpustakan menerapkan sistem yang berbasis data base. “Bertujuan memudahkan masyarakat dalam pencarian katalog, literatur, maupun jenis buku, serta bagaimana kearifan lokal tetap ada dalam pelaksanaan perpustakaan tersebut,” katanya.
Sumber: sapos.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s