Tingkatkan Literasi, USAID PRIORITAS Rancang Buku Berjenjang

MEDAN – USAID PRIORITAS mendukung program Pemerintah Indonesia untuk memgembangkan budaya membaca. Dukungan itu diwujudkan dengan melatih kepala sekolah, guru dan komite sekolah untuk membangun budaya membaca. Selain itu, USAID PRIORITAS juga sudah membagikan sejumlah buku bacaan ke semua sekolah mitra untuk mendorong tumbuhnya budaya baca.

Staff USAID PRIORITAS menunjukkan buku-buku bacaan berjenjang yang akan dihibahkan ke ribuan sekolah di Sumut. USAID PRIORITAS mengembangkan buku bacaan berjenjang untuk meningkatkan kemampuan baca siswa.

“Kami berencana memperbesar dukungan untuk program membaca, agar semakin banyak sekolah dan siswa yang bisa terjangkau,” terang juru bicara USAID PRIORITAS Sumut Erix Hutasoit di dalam Rapat Reviu dan persiapan Pengembangan Keprofesian Guru Berkelanjutan (PKB) di Swissbel hotel, Medan, Kamis (13/8/2015).

Teacher Training Officer (TTO) PrimaryUSAID PRIORITAS Sumut Halim Simatupang mengatakan, ada kebutuhan mendesak untuk menyediakan buku bacaan yang relevan untuk kelas awal. Buku-buku yang ada saat ini tidak dirancang secara spesifik untuk membantu anak di sekolah dasar. “Kita menghadapi tantangan karena kurangnya jumlah buku yang sesuai untuk anak kelas awal. Ini menjadi problem besar di tanah air,” ujar Halim Simatupang.

Lebih lanjut Halim mengatakan, guna memperkuat dukungan kepada program membaca, USAID PRIORITAS bekerjasama dengan Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) yang telah mengembangkan buku bacaan berjenjang khusus untuk siswa kelas awal. Buku tersebut akan dibagikan ke sekolah mitra dan non mitra. Untuk itu, guru dan kepala sekolah perlu dilatih menggunakannya. “Penggunaan buku ini akan lebih efektif membantu anak untuk meningkatkan kemampuannya membaca. Penggunaan buku ini bukan berdasarkan kelas, tetapi tingkat kemampuan anak,” tambahnya.

Akademisi Universitas Negri Medan Dr. Mutsyuhito Solin, M.Pd mengatakan setiap siswa memiliki kemampuan dasar membaca yang berbeda. Tidak bisa setiap anak diajarkan membaca dengan cara dan bahan yang sama. Kalau pengetahuan awal anak tidak ada, maka pengetahuan yang disampaikan tidak ada yang dipahami anak. “Jadi dengan adanya buku berjenjang, maka bahan bacaan disesuikan dengan kemampuan awal anak,” terangnya.

Mutsyuhito Solin mengatakan membaca merupakan keterampilan yang penting dikuasai anak. Keterampilan membaca sangat menentukan hasil membaca. Itu dikarenakan kemampuan membaca merupakan alat untuk mempelajari mata pelajaran. Dengan membaca anak bisa memahami agama, bahasa, matematika, sosial dan IPA. “Kalau anak-anak sudah terbiasa membaca dengan buku berjenjang, maka anak-anak tidak akan frustasi lagi membaca. Selama ini anak-anak frutasi membaca, karena selama ini anak menganggap membaca itu sulit. Nah buku berjenjang ini akan lebih menarik bagi anak karena disesuaikan dengan minat anak. Dampak buku berjenjang ini bisa membentuk sikap mandiri anak untuk membaca,” tambah dosen yang ahli bahasa ini.

Sumber: medan.tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s