Masnita Wakili Riau ke FLS2N Nasional bidang Baca Puisi

PEKANBARU – Masnita siswi SMA Negeri I Tasik Putri Puyu Kepulauan Meranti yang tergabung dalam  Komunitas Gemar Menulis Kepulauan Meranti berhasil keluar sebagai juara pertama lomba baca puisi pada FLS2N ( Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional ) tingkat Provinsi Riau yang berakhir Kamis (13/8/2015).

Predikat juara ini mengantarkan siswi binaan  Jasman Bandul mewakili Riau berlaga di ajang FLS2N tingkat Nasional 23 Agustus 2015 mendatang di Pelembang.

Masinta mengaku sangat senang bisa menjadi wakil Riau ke tingkat nasional untuk kategori baca puisi. Dia mengaku, tahun sebelumnya telah mengikuti lomba baca puisi di ajang yang sama, namun tidak menang. “Alhamdulillah untuk tahun ini apa yang menjadi cita-citaku terkabul,”ujarnya.

Masinta juga berharap di tingkat nasional yang akan digelar di Palembang pada tanggal 23 Agustus mendatang, dirinya bisa mengharumkan nama Riau untuk kategori lomba baca puisi.”Minta doanya ya, bang,” katanya mengakhiri pembicaraan.

Seperti diketahui, seni baca puisi merupakan suatu proses yang menuntut agar kelompok kata yang merupakan kesatuan akan terlihat dalam suatu pandangan sekilas, dan agar makna kata-kata secara individual akan dapat diketahui.

Jasman Bandul salah seorang tenaga pengajar di SMA Negeri I Tasik Putri Puyu Kepulauan Meranti mengaku sebagai tenaga pengajar  ia memiliki inisatif untuk membangun kecintaan membaca dan menulis kepada anak didiknya. Mengingat  di Kepulauan Meranti, minat baca dan menulis masih bisa dibilang sedikit.

Karena kegelisahan itu, dia berkomitmen pada diri sendiri untuk membangun sebuah wadah bagi siswa-siswa yang tertarik dengan dunia sastra. Alhasil 35 siswa SMA Negeri I Putri Puyu tergabung dalam Komunitas Gemar Menulis yang ada di Kepulauan Meranti.

Kata Jasman Bandul, harapan dibangunnya wadah ini bertujuan untuk membudayakan membaca dan menulis di kalangan siswa-siswa, khususnya di SMA I Putri Puyu Kepulauan Meranti.

Tak ayal, mewakili SMA Negeri I Putri Puyu pada acara Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) se-Provinsi Riau Tahun 2015 yang ditaja Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau.

“Semua yang telah diraih ini tentu tak lepas pula dari Masinta yang memiliki semangat tinggi demi mencapai yang dicita-citakannya,” kata Jasman.

Lebih jauh dikatakan Jasman, membina anak-anak SMA yang penuh dengan rasa penasaran ada juga tingkat kesulitannya, selain banyak keinginan dari secara individu, mereka terkadang abai setelah diberitahu. Namun dari 35 orang yang tergabung dalam Komunitas Gemar Menulis, ungkap dia, bisa dikatakan hampir seluruhnya ingin tahu apa itu sastra, khususnya puisi.

“Pada dasarnya rasa ingin tahu mereka cukup tinggi. Dari sanalah mulai diperkenalkan apa itu puisi, bagaimana cara membaca puisi dihadapan khlayak, dengan begitu terbentuklah mental mereka dan kita tinggal mengarahkan bagaimana membaca puisi yang baik. Mudah-mudahan akan lahir generasi-generasi penerus yang mencintai seni,”tukasnya.

sumber: riaupos.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s