Dukung Perkembangan Anak dengan Membacakan Buku Cerita

Aktivitas membaca merupakan aspek penting untuk perkembangan buah hati Anda. Nah, ternyata kebiasaan orangtua untuk membacakan buku cerita kepada anak pun memiliki pengaruh besar terhadap perkembangannya. Studi terbaru menemukan bahwa anak yang sering dibacakan buku cerita oleh orangtuanya, khususnya sebelum memasuki usia taman kanak-kanak, memiliki kemampuan bahasa dan literasi yang lebih baik.

Studi tersebut juga menemukan bahwa anak yang dibacakan buku cerita memiliki hubungan yang kuat dengan orangtua. Studi digelar para ahli dari Cincinnati Children’s Hospital di Ohio, Amerika Serikat dan baru saja dipublikasikan secara online di jurnal Pediatrics. Para ahli memfokuskan penelitian pada anak-anak berusia antara tiga hingga lima tahun untuk mengobservasi hubungan antara aktivitas otak dengan kegiatan membaca buku cerita oleh orangtua dan anak.

Lingkungan rumah setiap anak dipelajari berdasarkan akses mereka terhadap buku, frekuensi membaca, dan variasi materi bacaan. Kemudian, para peneliti memeriksa aktivitas otak setiap partisipan ketika mendengarkan cerita yang direkam selama pemindaian MRI.

Hasilnya, ditemukan bahwa anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan rumah yang menstimulasi kegiatan membaca lebih responsif terhadap pemahaman naratif dan pencitraan visual. Kedua aspek ini sangat penting untuk kemampuan bahasa dan membaca. Para ahli menyatakan bahwa anak yang memiliki kemampuan literasi yang kuat akan lebih siap untuk sekolah dan membina hubungan dengan teman sebaya.

“Membaca adalah kegiatan untuk menstimulasi anak dalam tahapan ganda, baik kognitif yakni melalui kandungan cerita dan emosional melalui perasaan, empati, dan ikatan saat duduk di pangkuan orangtua. Kedua hal ini berjalan beriringan. Selain anak, orangtua juga merasa terhibur, bahagia, dan penuh cinta,” ujar John S Hutton MD, anggota tim peneliti.

Selanjutnya, Hutton menjelaskan bahwa anak dan orangtua yang menikmati aktivitas membaca bersama akan dengan mudah mengingat momen tersebut. Namun demikian, ada tantangan berupa platform seperti video dan aplikasi yang membutuhkan peran orangtua untuk memilah dan mempertimbangkan penggunaannya bagi anak.

Nah, demikian manfaat yang bisa Anda dan buah hati peroleh dari aktivitas membaca bersama. Tentu saja hal ini tidak hanya menjadi sekadar aktivitas di waktu senggang, namun bisa dijadikan rutinitas, misalnya sebelum tidur. Sehingga, selain mendorong kemampuan bahasa anak, Anda pun memiliki ikatan emosional yang kuat dengan buah hati.

Sumber: kompas.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s