Perpustakaan : Tetap Dikunjungi untuk Cari Informasi

DI zaman yang semakin canggih ini, cara belajar siswa pun perlahan-lahan berubah. Dulu, setiap ada tugas dari guru, perpustakaan adalah tujuan utama mencari informasi demi dapat menjawab soalnya. Sedangkan sekarang, keadaan sudah berubah. Kebanyakan siswa lebih memilih untuk ke laboratorium komputer supaya bisa browsing informasi dengan sekali ketik.

Enggak terkecuali di sekolahku, banyak siswa yang lebih memilih untuk browsing. Jadinya perpustakaan sudah jarang dikunjungi. Dengan adanya globalisasi, sekarang bukan buku lagi yang jadi pegangan pelajar, melainkan gadget. Mungkin mereka bakal susah hidup tanpa gadget, he-he. Akhirnya, perpustakaan cuma jadi sarana meminjam buku aja, bukan untuk belajar seperti dahulu.

Terakhir kali aku melihat perpustakaan ramai dikunjungi itu sewaktu kelas VIII SMP, waktu itu masih banyak teman-teman yang mengajak untuk belajar di sana. Tapi semenjak naik kelas IX, smartphone mulai muncul dan perpustakaan sudah mulai berkurang pengunjungnya.
Sedangkan pas aku di SMK ini, perpustakaan cuma jadi tempat untuk meminjam dan mengembalikan buku pelajaran. Itu pun karena disuruh guru, walaupun ada beberapa siswa yang memang punya inisiatif untuk meminjam buku ke sana.
Tapi enggak semuanya seperti itu kok. Di sekolahku, walaupun enggak banyak tapi ada beberapa yang masih suka berkunjung ke perpustakaan. Nah untuk menyiasati hal ini, terkadang sewaktu ada jam kosong dan enggak ada guru, kami disuruh ke perpustakaan untuk belajar di sana daripada di kelas enggak melakukan apa-apa dan hanya membuat ribut.
Aku sendiri enggak pernah lelah untuk mengajak teman-teman supaya enggak bosan main ke perpustakaan. Padahal di sana enggak melulu buku pelajaran lho, masih ada kok buku-buku lain yang menghibur. Seperti dongeng zaman dulu dan lain sebagainya.
Aku berharap semoga anak muda lebih aktif lagi membaca, soalnya membaca itu kan jendela dunia. Berbeda sama browsing, yang kita dapatkan hanya informasi itu aja. Sedangkan di buku, sambil mencari informasi yang pengin kita cari, kita juga membaca informasi lainnya.

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s