Perpustakaan Jakarta Utara Kekurangan Buku

KOJA – Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota (KPAK) Jakarta Utara kekurangan buku. Sebab saat ini koleksi buku Perpustakaan yang dimilikinya hanya sekitar 1500 judul dengan jumlah buku hanya 5000an buku, padahal jumlah penduduk di Jakarta Utara sekitar 1,4 jiwa.

Ke 5000 buku tersebut tersebar di 42 taman bacaan yang ada di Jakarta Utara. Selain itu juga dialokasikan untuk 4 mobil perpustakaan kelili dan 10 motor keliling yang dimiliki KPAK Jakut secara bergilir ke 6 kecamatan 31 kelurahan yang ada di Jakarta Utara.

Kepala KPAK Jakarta Utara, Ria Victoria mengakui hingga ini Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Utara masih kekurangan buku. Untuk itu dirinya berharap kepada pemerintah untuk segera melakukan penambahan buku bacaan.

“Memang selama ini di tempat kami kekurangan buku, padahal minat baca masyarakat Jakarta Utara saat ini mengalami peningkatan. Maka dari itu saya berharap pemerintah menambah judul bukunya,”kata Ria Victoria, Senin (10/8) saat mencenangkan hari anak Jakarta Utara membaca.

Menurut Ria, memang setiap kali ada mobil maupun motor perpustakaan selalu dikunjungi oleh masyarakat. Atas kondisi inilah pihaknya berharap secepatnya dilakukan penambahan julu buku karena selama ini setiap judul buku hanya 2 hingga 3 buku saja.

Sementara itu, Walikota Jakarta Utara Rustam Effendi, mengaku di wilayahnya masih membutuhkan banyak tambahan buku. Sebab, melalui armada dan jumlah buku yang dimiliki dinilai kurang melayani sekitar 1,4 jiwa penduduk Jakarta Utara yang sekitar 70 persen diantara merupakan usia produktif dan menjadi sasaran gerakan Jakarta Utara membaca.

“Seharusnya tiap kecamatan ada cabang perpustakaan. Kita akan upayakan tambahan dan berharap CSR juga terlibat membesarkan perpustakaan,” tandasnya.

Sementara Bayu, 15, salah seorang pelajar mengaku kecewa karena setiap kali dirinya mendatangi perpustakaan keliling bukunya tidak ada perubahan. Padahal ia dan temen-temannya suka membaca buku perpustakaan keliling baik sepeda motor maupun mobil.

“Kami sih berharap supaya buku-buku ini ditambah, karena setiap kali datang buku yang ada sudah saya baca semua. Mudah-mudahan nanti akan ditambah sehingga kami mendapat wawasan baru,”pintanya.

Sumber: poskotanews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s