Laboratorium Komputer atau Perpustakaan?

KEBERADAAN perpustakaan dan laboratorium komputer di sekolah memang menjadi fasilitas penunjang belajar bagi para siswa selain mendapat penjelasan dari guru di kelas. Tentunya masing-masing siswa juga merasakan manfaat dari tiap fasilitas tersebut. Nah, kira-kira XpResiholic lebih suka belajar di mana ya?

Yovanny Anugrah dari SMA 2 Samarinda mengaku suka belajar di kedua tempat tersebut. “Aku suka belajar di perpustakaan juga di laboratorium komputer. Intinya aku suka belajar di tempat yang sepi supaya bisa konsentrasi,” cuap siswi kelas X E ini.

Yups, pemilik akun Instagram @Yvny_yovanny ini berpendapat bahwa kedua tempat tersebut memiliki keistimewaan masing-masing. “Kalau di lab komputer ada Wi-Fi. Jadi, kalau ada tugas yang mengharuskan kita browsing pasti lebih cepat. Nah, kalau di perpus lebih nyaman aja juga kalau mencari referensi buku lebih enak,” tambah cewek yang hobi berolahraga ini.
Masih dari sekul yang sama ada cewek cantik bernama Nisa yang lebih sering ke perpustakaan. “Kalau di sekolahku, lab komputer cuma digunakan saat jam mata pelajaran TIK. Kalau perpustakaan kan bisa didatangi tiap jam pelajaran kosong, pas jam istirahat atau memang mau mencari materi untuk pelajaran selanjutnya,” ungkap pemilik nama lengkap Annisa Ramadhani ini.
Penghuni kelas XII IPA 6 ini juga memanfaatkan perpustakaan untuk belajar kelompok bersama teman-teman. “Sering banget. Kalau ada tugas kelompok atau mengulang pembahasan guru yang belum jelas. Kalau untuk koleksi buku di perpustakaan tergolong lengkap dan banyak. Enggak cuma buku pelajaran tapi ada juga majalah, koran, novel sampai buku pengetahuan umum,” kata cewek yang jago banget menari daerah ini.
Beralih ke SMK 3 Samarinda, ada cewek bernama Putri Indah Dewi yang enggak mau ketinggalan. “Sebagai seorang murid tentunya harus semangat belajar juga mengerjakan tugas dari guru. Nah, kalau gurunya menjelaskan pelajaran lemah lembut pasti pelajarannya gampang masuk ke otak, kalau sudah marah-marah pasti susah,” jelas siswi kelas XI Busana Butik ini.
Cewek yang doyan bermusik ini juga termasuk rajin dan aktif dalam mengerjakan tugas dari sang guru. “Kalau untuk belajar dan mengerjakan tugas dari guru biasanya aku ke perpustakaan. Karena di sekolahku enggak disediakan lab komputer,” ucap dara kelahiran Samarinda, 2 Juli 1999 ini.
Well, sebenarnya apa sih plus dan minus belajar di perpustakaan dan di laboratorium komputer menurut Devi Novita Arianti? “Kelebihan laboratorium komputer itu bisa hemat waktu, ada internet, bisa mengetik dan membantu yang tulisannya enggak bagus, he-he. Selain itu, bisa mendapatkan ilmu di luar yang kita pelajari di kelas. Kalau kekurangannya biayanya yang besar jadi enggak semua sekolah punya. Belum lagi biaya perawatan dan perbaikan,” koar siswi kelas XI Akomodasi Perhotelan SMK 3 Samarinda ini.
Lalu bagaimana dengan perpustakaan? “Kelebihannya di perpus itu biayanya murah, bisa mencari jawaban tugas sambil berdiskusi dengan teman karena praktis. Kekurangannya ya enggak lengkap dan enggak selalu buka tiap waktu,” tutup cewek yang hobi membaca ini.

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s