Kopertis dan Unsyiah Latih 40 Pengelola Pustaka

BANDA ACEH – Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIII Aceh bekerja sama dengan Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyelenggarakan bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan di aula Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Minggu (9/8/2015).

Pelatihan ini diikuti 40 peserta dari 40 perguruan tinggi swasta (PTS) se-Aceh yang diundang pihak Kopertis.

Ketua pelaksana pelatihan itu, Syafi’i SE Ak menyatakan, setelah dilatih secara teknis, para peserta diharapkan dapat mengembangkan kompetensinya di bidang pengelolaan perpustakaan, terutama di bidang literasi informasi.

“Dengan demikian, dalam pelayanan perpustakaan mereka dapat memaksimalkan sumber daya teknologi informasi sebaik-baiknya, sehingga perpustakaan PTS lebih diminati oleh civitas akademika,” kata Syafi’i kepada Serambinews.com, Senin (10/8/2015) pagi.

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah XIII, Prof Dr Jamaluddin MEd saat membuka bimbingan teknis itu mengatakan, kegiatan ini tidak terputus sampai di sini saja. Akan dilanjutkan tahun depan, maupun tahun-tahun berikutnya.

“Target kita adalah seluruh PTS di Aceh bisa dilatih pustakawannya agar bisa mengelola pustaka secara modern dengan mutu pelayanan yang prima,” kata Prof Jamaluddin.

Selain melatih tenaga pustakawan, Kopertis Wilayah III juga akan mengupayakan buku-buku paten secara online, sehingga bisa diakses par mahasiswa PTS secara gratis.

Menurut Prof Jamal, pustaka di luar negeri banyak yang dibuka 24 jam. Itu menunjukkan betapa warga asing sangat haus akan ilmu pengetahuan. “Lalu, bagaimana dengan pustaka kita di Indonesia dan di Aceh khususnya?” tanya Jamaluddin.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengelola perpustakaan PTS itu, pihak penyelenggara menghadirkan enam pemateri. Yakni, Dr Taufiq A Gani MEngSc selaku Ketua Perpustakaan Unsyiah yang menyajikan materi tentang manajemen perpustakaan dan Dr Like Raskova Octoberlina MEd membahas tentang pelayanan prima perpustakaan.

Narasumber lainnya, Aisyiah SE mempresentasikan tentang pengembangan dan pengelolaan pustaka, Nurlida SE membahas layanan perpustakaan, Chalis Siana Rosita SSos menyajikan tentang perpustakaan elektronik, dan Muammar Khadafi ST membeberkan tentang Aplikasi SLIMs.

Sumber: tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s