Olimpiade Taman Baca Anak 2015 Akan Segera Digelar

Jakarta – Mengusung tema “1001 Warna Indonesia”, Komunitas 1001 Buku kembali akan mengadakan Olimpiade Taman Baca Anak (OTBA) yang keenam kalinya pada Minggu, 23 Agustus 2015 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Ketua Pelaksana OTBA 2015, Lucida Priandarini sedang memberi pengarahan pada para relawan mengenai pelaksanaan OTBA 2015, 8 Agustus 2015.

“Bercermin dari wajah masyarakat sekarang, orang bisa dengan mudah terpancing berbagai isu. Misalnya, perbedaan golongan dapat menjadi pemicu perselisihan. Kemudian, dari situ saya melihat anak-anak harusnya bisa belajar bahwa perbedaan itu tanda kekayaan (Indonesia),” ungkap Ketua Pelaksana OTBA 2015, Lucia Priandarini, Sabtu (8/8).

Sejalan dengan tema tersebut, Komunitas 1001 Buku akan mengundang perwakilan Taman Baca Anak (TBA) dari seluruh Indonesia, di antaranya dari Sulawesi Selatan, Tapanuli, dan Jabodetabek dengan total 30 TBA. Anak-anak yang menjadi peserta OTBA pun tercatat 250 anak.

Melalui ajang kompetisi ini, OTBA diyakini sebagai wadah menggali potensial kreativitas anak. Hal ini didukung dengan konsep permainan yang diperlombakan, yakni lomba kolase nusantara, menghias tumpeng, fashion show dari barang bekas, dan lomba maraton yang dikonsep secara kreatif.

Untuk mempersiapkan acara ini, Komunitas 1001 Buku kembali mengadakan workshop untuk para relawan baru pada 8 Agustus 2015 dengan tujuan dapat membekali para relawan dalam memanajemi pelaksanaan OTBA 2015, serta dapat lebih mengenal seluk-beluk Komunitas 1001 Buku.

Para relawan yang terkumpul dari Jabodetabek ini berjumlah sekitar 100 relawan. Mereka dibagi tugas berdasarkan divisinya, antara lain divisi lomba, taman baca, acara, logistik, dan lainnya.

Sejauh ini, dalam pelaksanaannya, Komunitas 1001 Buku sedikit memiliki kendala dengan dana untuk penyelenggaraan OTBA 2015.

“Kebutuhan dana minimal sebenarnya sudah terpenuhi. Sekitar 100 juta untuk OTBA. Namun, tinggal tunggu uangnya masuk,” jelas Lucia.

Walaupun begitu, Lucia dan pihak penyelenggara OTBA 2015 ini berharap acara ini dapat berkesan bagi anak-anak yang datang nanti.

“Kami mau bikin kesan buat anak-anaknya. Intinya supaya mereka tahu kalau mereka enggak sendiri, mereka enggak dibiarin, mereka dapat berkenalan dengan teman-temannya dan jadi tahu juga keindahan Indonesia dari TMII,” ujarnya.

Sumber: beritasatu.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s