7 Cara Membuat Perpustakaan di Rumah Buat Kamu yang Suka Baca

Buat kamu yang suka banget baca, pasti punya banyak buku di rumah. Saking banyaknya, kamu sampai lupa apakah buku tersebut masih dipinjam temanmu atau sudah dikembalikan. Makanya lebih baik membuat perpusatakaan di rumah agar lebih teratur. Nih, begini cara mendesainnya!

#1

Pertama, kamu harus memilih tema desain perpustakaan terlebih dahulu. Ada banyak desain baik yang klasik maupun yang modern minimalis. Kamu tinggal pilih sesuai dengan seleramu. Atau kamu juga bisa memilih sendiri satu tema yang enggak umum orang lain gunakan.

#2

Kalau kamu punya buku-buku langka, atau buku yang enggak bisa di dapat di Indonesia, kamu tampilkan di depan. Atau paling enggak tempatkan di bagian yang paling mudah dilihat orang. Buku langka dan istimewa akan menjadi penarik perhatianmu untuk tertarik melihat-lihat rak buku dan mulai membaca.

#3

Posisi buku akan mempengaruhi dekorasi perpusatakaan di rumahmu. Jadi pikirkan bagaimana kamu ingin memposisikan buku-buku yang kmau punya.

#4

Satu hal yang paling penting untuk perpustakaan di rumahmu, yaitu penerangan. Pastikan penerangannya sesuai untukmu membaca. Jangan terlalu gelap, karena nanti akan menyakiti matamu.

#5

Bermain dengan warna juga merupakan ide yang baik. Padukan warna rak buku satu dengan yang lain. Kalau kamu memiliki ruang untuk perpustakaan yang cukup besar, tambahkan meja dan kursi yang senada dengan tema. Sehingga kamu akan betah untuk membaca buku seharian.

#6

Kamu harus memberikan ciri khas walaupun kamu mengikuti desain yang sudah umum orang gunakan. Karena perpustakaan di rumahmu adalah perpustakaan pribadi yang sifatnya personal. Kamu harus menjadikan segala sesuatunya sesuai dengan seleramu. Terlebih lagi buku-buku yang kamu simpan adalah bagian dari hidupmu.

#7

Ubah posisi beberapa buku, ubah posisi rak atau lemari buku dan juga dekorasi ruangan secara berkala, agar kamu enggak bosan membaca di sana.

Nah begitu caranya membuat perpustakaan di rumah. Dengan begini kamu enggak bakal kesulitan lagi mencari buku-buku yang ingin kamu baca.

Sumber: bintang.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s