Yessy Gusman, Taman Bacaan Anak

Sesungguhnya kepedulian Yessy Gusman terhadap dunia pendidikan anak di Indonesia sudah berjalan sejak lama. Perempuan yang meraih gelar MBA dari Golden Gate University of San Fransisco, Amerika Serikat ini, sempat mendirikan Taman Bacaan Anak (TBA) dan Sanggar Kreativitas Anak (SKA). TBA dan SKA bebas biaya tersebut merupakan upaya mandiri Yessy membantu anak-anak yang tidak mampu membeli buku. TBA dan SKA tersebut di bawah naungan Yayasan Bunda Yessy. Lantaran keberadaan yayasan ini, Yessy pun akrab disapa Bunda Yessy.

Aktivitas yang dirintis Yessy sejak 1999 ini, telah berkembang dan membantu lebih dari 500 taman bacaan di seluruh Indonesia. Kecintaan Yessy pada ilmu pengetahuan, ditularkan dari kedua orang tuanya. Dave Gusman dan Nina Gusman. Orang tua Yessy sangat gemar membaca dan mengoleksi buku. “Buku itu jendela dunia,” ungkap Yessy.

Kerja kerasnya tidak sia-sia. Kegiatannya tersebut, telah mengantarkan Yessy menjemput beberapa penghargaan di bidang pendidikan. Pada 3 Mei 2013 misalnya, Yessy menerima penghargaan dari penerbit Mizan atas kepedulian mendukung penyediaan sarana Taman Bacaan Bagi Anak-Anak. Kemudian pada 16 Desember di tahun yang sama, Yessy mendapat penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Malik Fadjar karena prestasinya dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Sumber: cekricek.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s