Sembilan Buku Ini Pengaruhi Hidup Steve Jobs (1)

NEW YORK — Mengapa Apple bisa berinovasi setiap waktu? Steve Jobs pernah menjawab karena ketika dia memperkenalkan iPad, Apple bukan sekadar perusahaan teknologi.

Jobs memberikan sentuhan manusia kepada Apple. Oleh sebabnya, Apple mampu membuat produk yang canggih dari sudut pandang teknologi dan intuisi manusia sehingga mudah digunakan.

Perspektif-perspektif tersebut diperoleh Jobs karena hobinya membaca. Berdasarkan biografi yang ditulis Walter Isaacson, ini dia sembilan buku yang memengaruhi kehidupan Jobs, dilansir dari Techcrunch, Jumat (6/8).

1. King Lear oleh William Shakespeare
Jobs menyukai buku-buku sastra selama dua tahun terakhir dia berada di perguran tinggi. ‘King Lear‘ adalah salah satu favoritnya. Buku ini menceritakan seorang raja yang mencoba membagi kerajaannya. ‘King Lear‘ mengajarkan tentang apa saja kesalahan yang mungkin timbul jika seorang raja tak bisa lagi memegang kerajaannya.

2. ‘Moby Dick’ oleh Herman Melville
Cerita epik ini disukai Jobs pada masa remajanya. Jobs merasa dirinya sama dengan karakter Kapten Ahab yang lebih banyak mengandalkan pengalaman langsung di lapangan ketimbang belajar di kelas.

3. ‘The Collected Poems of Dylan Thomas‘ oleh Dylan Thomas
Selama kuliah, Jobs tenyata sangat menyukai syair dan puisi karya penyair Dylan Thomas. ‘Do Not Go Gentle‘ adalah salah satu puisi favorit Jobs. Beberapa petikan syairnya adalah:

Do not go gentle into that good night,
Old age should burn and rave at close of day;
Rage, rage against the dying of the light.
Though wise men at their end know dark is right,
Because their words had forked no lightning they
Do not go gentle into that good night.

4. ‘Be Here Now‘ oleh Ram Dass
Pada akhir 1972, Jobs baru saja mulai menimba ilmu di Reed College, sebuah sekolah seni liberal nan elit di Portland, Oregon. Dia mulai banyak membaca banyak buku tentang spritualitas. ‘Be Here Now‘ adalah sebuah buku panduan untuk meditasi. Selesai membaca buku ini, Jobs mengalami sejumlah perubahan dalam kehidupan pertemanannya.

Sumber: republika.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s