Pejabat Siak Sebut Rajin ke Perpustakaan Bisa Cepat Kaya

SIAK – Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak Hera Yulwita, M.Si menerangkan tujuan perpustakaan kampung di Kabupaten Siak tidak sekedar membaca. Tetapi, perpustakaan sudah menjadi upaya peningkatan sumber daya atau disebut juga sebagai ‘center of learning’.

Gedung arsip dan perpustakaan DPRD terbengkalai, lantaran kontraktor tidak menyelesaikan pekerjaannya sebelum habis kontrak.

“Orang keperpustakaan untuk membaca supaya pintar itu sudah diketahui sejak dulu kala. Sekarang, bagaimana ke perpustakaan orang bisa jadi kaya. Konsep inilah yang sudah kita jalani sejak 2012 lalu,” kata Hera, Jumat (7/8/15).

Untuk meningkatkan sumber daya manusia, termasuk kesejahteraan masyarakat ternyata bisa dilakukan melalui perpustakaan. Apalagi, di perpustakaan orang sudah bisa menggiatkan berbagai kegiatan. Sebab, perpustakaan kekinian mengakomodir seluruh media pembelajaran.

“Pasti orang bertanya, bagaimana bisa menjadi kaya bila ke perpustakaan. Nah, kita sudah menjalankan itu. Gampang sekali. Kita mengakomodir keterampilan masyarakat, seperti kerajinan tangan, kuliner, tata rias dan sebagainya, untuk diceritakan di perputaskaan. Kita dorong mereka menuliskan teknis keterampilannya tersebut,” kata Hera yang juga seorang pustakawan di Siak.

Menurut Hera, tulisan mengenai teknis keterampilan ‎warga kampung sudah banyak. Pembaca lain bisa pula membuat kerajinan melalui kumpulan tulisan warga tersebut. Sehingga, warga yang menuliskan keterampilannya di perpustakaan juga mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari pembaca.

“Pembaca bisa membeli hasil kerajinan atau belajar dari tulisan pengrajin. Inikan selain menambah wawasan juga meningkatkan kesejahteraannya,” katanya.

Sumber: tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s