Kunjungi Perpusda Batang, Direktur Perpuseru Acungi Jempol

Siap Dijadikan Universitas Hidup Perpustakaan di Jateng

BATANG- Reputasi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Batang bersama perpustakaan desa (perpusdes) mitra perpuseru sepertinya akan kian berkibar. Direktur Perpuseru-Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI), Dr Erlyn Sulistyaningsih, bahkan tak sungkan memberikan acungan jempol ketika memonitoring langsung kegiatan keduanya, Selasa dan Rabu lalu.

Di hari pertama kunjungannya, Erlyn menyambangi tiga perpusdes mitra perpuseru, yakni di Desa Mentosari Kecamatan Gringsing, Rejosari Barat Tersono, dan Sodong Kecamatan Wonotunggal. Sementara di hari terakhir, dia ikut larut dalam acara aplikasi paska baca KUB Bengkel Kriya Pustaka yang dimotori Ir Arif Lelono.

“Kami senang berkesempatan melihat langsung para pengelola perpustakaan desa yang sedemikian bersemangat memajukan masyarakat di desanya melalui perpustakaan, dengan intensitas pelibatan masyarakat yang tinggi pula. Yang menggembirakan, adalah mendengar rencana Perpusda untuk mereplikasi perpusdes di 12 desa di 12 kecamatan lainnya. Kami sampaikan rasa salut dan acungan jempol untuk mereka,” ungkapnya, Rabu (5/8).

Apresiasi yang sama pun ditujukan Kantor Perpusda Batang yang telah sukses mengembangkan Bengkel Kriya Pustaka. Terlebih, gerakan paska baca itu juga tumbuh menjadi kian eksis, kreatif, dan inovatif.

“Untuk itu, kegiatan yang ada di Perpusda dan perpusdes mitra di Kabupaten Batang akan kita jadikan universitas hidup perpustakaan mitra perpuseru yang ada di Jawa Tengah atau bahkan Indonesia. Sebab kami juga tengah dalam rencana untuk memperluas mitra perpuseru menjadi 80 kabupaten/kota di Indonesia,” terang Erlyn.

Kepala Perpusda Batang, Putut Husamadiman SE, pun menyampaikan rasa bangganya berkesempatan dikunjungi Tim Perpuseru yang langsung dipimpin direkturnya. Lewat kunjungan itu, Tim Perpuseru bisa menyaksikan sendiri sejumlah kegiatan yang sejauh ini dijalankan di perpusda maupun perpusdes. “Tak terkecuali upaya kami yang secara konsisten melaksanakan kegiatan pelibatan masyarakat,” ujarnya.

Menurut Putut, usai merengkuh juara umum PLM di Bali, jajaran Perpusda dan perpusdes mengemban tugas berat untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan prestasi yang ada. Karena itu, dia berharap dukungan Tim Perpuseru-CCFI terus diberikan.

“Sebab visi program perpuseru sangat sebangun dengan apa yang tengah dicita-citakan perpusda, yakni menjadikan perpustakaan sebagai pusat kegiatan dan belajar masyarakat dengan berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi. Dengan jalan ini, kami memimpikan kualitas hidup masyarakat bisa meningkat,” jelas Putut.

Sumber: radarpekalongan.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s