5 Perpustakaan Terbaik di Eropa

EROPA – Di Eropa terdapat perpustakaan yang indah. Tidak hanya bukunya yang lengkap, perpustakaan ini juga terkenal dengan desain bangunan yang menakjubkan. Bagi Anda yang hobi membaca, tentunya perpustakaan ini sangat nyaman dan akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Berikut perpustakaan-perpustakaan terbaik di Eropa yang dilansir dari Lifehack.

1. Trinity College Library: Dublin, Irlandia
Perpustakaan terbesar di Irlandia ini dihiasi dengan panel kayu gelap dan langit-langit yang melengkung tinggi. Trinity College, mendapatkan gelar perpustakaan hak cipta, yang memberikan hak untuk memperoleh materi yang dipublishkan dalam negeri tanpa biaya apapun.

Perpustakaan ini juga rumah bagi Kitab Kells, sebuah manuskrip bergambar indah yang berisi empat Injil dalam bahasa Latin yang diyakini telah dibuat dalam 800 tahun lalu.

2. Bibliotheue Nationale de France: Paris, Prancis
Sejak didirikan pada 1461, perpustakaan ini telah memperluas koleksinya selama beberapa dekade terakhir. Menariknya, bangunan perpustakaan ini masih seperti dulu. Meski tidak lagi menjadi perpustakaan terbesar di dunia, Perpustakaan Nasional Prancis masih mengagumkan dengan koleksi lengkap seperti terdapat 5 ribu naskah Yunani.

3. Clementinum National Library: Praha, Republik Ceko
Clementinum National Library dulunya merupakan sebuah kapel dan sebuah perguruan tinggi Jesuit. Perpustakaan yang didirikan pada tahun 1781 ini memiliki arsitektur yang indah. Terutama ruang perpustakaan Baroque, yang dikenal dengan langit-langit kerja intreciate sebesar Jan Hiebl.

Ruangannya yang luas dan dindingnya yang tertutup ivy, membuat perpustakaan ini terlihat sempurna. Bahkan, pengunjung bisa tesesat dalam rak-rak buku sekitar satu atau dua jam.

4. Bristol Central Library: Bristol, Inggris
Bristol Central memiliki interior bergaya neoklasik. Hal tersebut terlihat dengan penggunaan kubah bulat melengkung di langit-langit. Menariknya, kubah tersebut dibangun di sisi selatan dari College Green, Bristol.

5. Perpustakaan El Escorial: San Lorenzo de El Escorial, Spanyol
Rak kayu gelap dan lukisan-lukisan dinding yang dilukis di langit-langit membuat perpustakaan ini sangat cocok untuk seorang raja. Saat ini, perpustakaan El Escorial menjadi tempat buku-buku warisan dunia, bahkan tempat ini masih memiliki beberapa buku yang asli.

El Escorial dibangun oleh Raja Phillip II, perpustakaan kerajaan ini terletak di dasar indah dari El Escorial, tempat tinggal masa lalu untuk semua raja Spanyol.

Sumber: sindonews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s