Perpustakaan Nagan Koleksi Buku 7.700 Judul

SUKA MAKMUE – Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Nagan Raya, Sulaiman Toha, berharap masyarakat di kabupaten itu meningkatkan minat bacanya dengan mengunjungi perpustakaan setempat yang kini telah mengoleksi buku dengan 7.700 judul, sebagai referensi ilmu maupun untuk menambah wawasan.

Apalagi perpustakaan negara ini tidak mengenakan biaya apapun bagi warga yang hendak meminjam buku yang tersedia. “Pemanfaatan perpustakaan sebagai gudang informasi perlu ditingkatkan, dan saat ini kami sudah memiliki 7.700 judul buku, yang bisa dipinjamkan kepada masyarakat Nagan Raya,” katanya, Minggu (2/8).

Batas waktu peminjaman buku selama satu minggu (7 hari) dengan jumlah buku yang boleh dipinjam maksimal tiga buku.

Selama ini, pengunjung dan peminjam buku dari pustaka tersebut hanya terbatas pada pelajar dan mahasiswa yang ingin menambah referensi bacaan. Sementara dari kalangan mastarakat umum sangat kurang.

Padahal di pustaka ini juga menyediakan buku yang berisi ilmu praktis yang bisa bermanfaat untuk usaha masyarakat seperti di bidang pertanian, perikanan, kehutanan, dan pengeloaan sumberdaya alam yang biasa dilakukan masyarakat Aceh. Menurutnya, dengan menambah wawasan melalui buku-buku yang tersedia tanpa harus membeli, masyarakat bisa meningkatkan kualitas hidup dengan melakukan rutinitasnya secara lebih efektif dan efisien.

“Masyarakat yang ingin meminjam buku di perpustakaan, hanya perlu membawa pas foto ukuran 3×4 cm dan 2×3 cm serta fotokopi KTP satu lembar, sebagai syarat untuk pembuatan kartu anggota perpustakaan daerah,” jelasnya.

sumber: tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s