Berdalih hobi baca, Kadis Kebersihan DKI dimutasi jadi kepala perpus

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta, Agus Suradika menerangkan dari sebagian besar mutasi yang terjadi terdapat satu orang yang turun jabatan, yaitu Kepala Dinas Kebersihan Saptastri Ediningtyas Kusumadewi. Selain dia, masih ada 24 orang pejabat lain yang dirombak oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

“Ada satu orang yang dalam istilah kami turun grading, dari eselon II ke eselon III, itu Bu Tyas. Sebelumnya beliau di dinas kebersihan, kemudian beliau turun ke eselon III di Badan Perpustakaan dan Arsip. Dulu kepala dinas, sekarang Kepala Perpustakaan Kepulauan Seribu,” kata Agus di Balai Kota, Jakarta, Jumat (31/7).

Agus menegaskan mutasi tersebut agar membuat perubahan yang lebih baik di jajarannya. Apalagi, Ahok menginginkan manajemen yang lincah dalam melayani warga DKI.

“Membuat soliditas timnya yang kuat, yang cepat merespon, yang geraknya lincah, sehingga bisa memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat. Nah, kepala dinas atau Kepala SKPD itu diberikan kewenangan untuk merubah memperbaiki eselon III dan IV,” tuturnya.

Agus juga menerangkan sebelumnya Ediningtyas sudah dimintai persetujuan terkait mutasi tersebut. Ediningtyas sepakat ditempatkan di Kepulauan Seribu.

“Kalau yang bersangkutan bersedia, kita untuk Baperjabkan dan di Baperjab yang mesti ada perbedaan. Tapi kemarin ada keputusan Bu Tyas bisa ditempatkan di Kepulauan Seribu,” jelasnya.

Di sisi lain menurut Agus, penempatan Ediningtyas dikarenakan pertimbangan dia gemar membaca buku. Meskipun pada jabatan sebelumnya, Ediningtyas lebih banyak fokus pada hal-hal berbau lingkungan.

“Karena senang membaca, dia juga bisa merancang sebuah bangunan fisik dari perpustakaan, punya pengalaman dalam kaitannya dengan pengelolaan perpustakaan,” ucapnya.

Agus berharap agar berbagai disiplin ilmu yang dimiliki Ediningtyas bisa dimanfaatkan pada jabatan barunya.

Sementara itu, kata dia, ada yang naik peringkat yaitu Maridi yang posisinya digantikan oleh Ediningtyas. Sebelumnya dia menjadi Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kepulauan Seribu, saat ini menjadi Kepala Bidang Kearsipan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta.

“Pak Maridi menjadi kepala bidang Perpustakaan Provinsi, level eselonnya naik setengah, dari III b ke III a,” tandasnya.

Seperti diketahui pejabat eselon III yang dilantik hari ini sebanyak 24 orang. Rinciannya, 6 pejabat Dinas Koperasi, Usaha, Mikro, Kecil, Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI. Kemudian 5 pejabat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI, 4 pejabat Dinas Olahraga dan Pemuda DKI, 4 pejabat Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DKI, 2 pejabat Badan Layanan Pengadaan Barang dan Jasa, Wakil dan Sekretaris Bazis DKI, serta 1 pejabat Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI.

Sumber: merdeka.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s