Anis Baswedan : Metode Calistung Ketinggalan Jaman

Boyolali — Menteri Pendidikan Dasar, Menengah dan Kebudayaan, Anis Baswedan, mengungkapkan, metode pendidikan baca, tulis dan berhitung (Calistung) sudah ketinggalan jaman. Metode Calistung merupakan peninggalan abad 20.

“Di abad 21 ini, metode paling tepat adalah kreatifitas siswa,” ujarnya dalam pencanangan gemar membaca dan pelepasan duta seni Boyolali, Kamis (30/7) malam di Gedung Putih, Kemiri, Mojosongo.

Lebih lanjut Anies menjelaskan, pendekatan pendidikan harus lebih mengedepankan pendekatan kreatifitas, kritis, komunikatif, dan kerjasama. Selain itu guru bukan saja berkewajiban mendidik siswa, melainkan juga harus bisa menginspirasi dan menggerakan. Sehingga anak didik akan terinspirasi dan tergerak untuk mencapai dan melakukan sesuatu.

“Harapan saya, Boyolali salah satu yang paling awal terapkan pendekatan ini,” imbuhnya dihadapan pendidik se Kabupaten Boyolali.

Di sisi lain, Anies menegaskan pendidikan pendidikan merupakan investasi jangka panjang dengan biaya yang sangat besar. Namun hasilnya di masa depan, efeknya jangka panjang bagi anak maupun perekonomian daerah. Saat ini, jarang ada pemimpin yang mau mengalokasikan anggaran besar untuk pendidikan.

Pihaknya sangat mengapresiasi Bupati Boyolali, Seno Samudro, yang membangun perpustakaan. Pihaknya berharap, Boyolali nantinya mampu mengirim pesan ke Indonesia untuk menumbuhkan minat membaca.

“Minat baca di Indonesia masih sangat rendah,” ujarnya.

Selain itu, sekolah saat ini harus dikembalikan ke ruhnya sebagai taman sesuai dengan ajaran Ki Hajar Dewantara. Dimana sekolah semestinya menjadi tempat yang menyenangkan seperti laiknya taman. Namun, sekolah juga bukan tempat untuk bersenang-senang, melainkan tempat belajar penuh tantangan tetapi harus menyenangkan. Konsep ini  menjadi pesan penting yang harus dikembalikan ke dunia pendidikan.

“Sekolah harus menjadi tempat menyenangkan, sekolah bukan sebagai tempat anak menderita,” tandasnya.

Sumber: timlo.net

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s